Awal Maret, 7 Hektar Lahan di Siak Terbakar

Siak, katakabar.com - Baru dua hari memasuki bulan Maret 2020, kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali muncul di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Karhutla ini terjadi di dua titik, yakni di Kampung Mengkapan Kecamatan Sungai Apit seluas 6 hektar dan 1 hektar di Kampung Dayun, Kecamatan Dayun.

Api terpantau di dua wilayah tadi sejak Minggu (1/3). Tim Manggala Agni, TNI/Polri dan BPBD Siak hingga kini masih berjibaku memadamkan api.

"Lahan yang terbakar di Kampung Dayun sudah bisa dipadamkan. Saat ini tengah dilakukan pendinginan. Sementara yang di Mengkapan, petugas masih berjibaku padamkan api," kata Kepala Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Siak, Ihsan Abdillah menjawab katakabar.com, Senin (2/3).

Karhutla di Mengkapan kata Ihsan memang sulit dipadamkan. Pasalnya, di daerah itu sangat sulit memperoleh sumber air. Maka itu, pihaknya terlebih dahulu menurunkan alat berat untuk membikin embung, baru dilakukan pemadaman.

"Angin di lokasi kebakaran juga sangat kencang yang membikin lahan semak belukar di Mengkapan itu sulit dipadamkan. Heli Waterbombing dari Sinarmas pun sempat diturunkan agar kebakaran itu tidak meluas," kata Ihsan.

Editor : Sahril

Berita Terkait