Awas! Jebakan 'Batman' Depan Tugu Soeharto Jalan Lintas Pekanbaru - Duri

Bengkalis, katakabar.com - Ruas Jalan Lintas Pekanbaru - Duri di sejumlah titik tertentu rusak berat dan dipenuhi jebakan 'Batman'. Ada dua titik tertentu ruas Jalan Lintas Pekanbaru - Duri paling rawan bakal terjadi kecelakaan kenderaan bermotor, khusus roda dua.

Pengamatan katakabar.com kemarin siang, titik ruas jalan paling berbahaya saat kenderaan melewati dan melintas ruas Jalan Lintas Pekanbaru - Duri, pas di depan tugu Soeharto 1 miliar barel, wilayah Kecamatan Mandau dan persis di depan kantor Desa Semunai, wilayah Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

"Titik ruas jalan pas di depan tugu Soeharto paling berbahaya disebabkan posisi menikung dan badan jalan berlubang cukup dalam dan rada lebar. Kalau pengendera tidak hati - hati dan waspada saat mengemudikan kenderaan, terutama roda dua bisa fatal siap - siap terjadi accident yang menimbulkan pengendera luka berat dan kehilangan nyawa."

Saat itu, saya mengenderai sepeda motor dari arah Sebanga ke pertigaan Pokok Jengkol dengan kecepatan sedang, saat melintas di ruas jalan di posisi menikung terkejut melihat ruas jalan berlubang cukup dalam dan lebar persis di depan tugu Soeharto.

"Untung saya sigap dan menghindar dan nyaris terjatuh di aspal, sehingga selamat dari kecelakaan lalu lintas. Entah apa yang terjadi kalau saya tidak berhasil menghindari lubang badan jalan. Apalagi saat itu, ragam kenderaan yang melintas dari dua arah cukup padat sempat terjadi eccident sangat berbahaya bagi keselamatan saya," kata seorang pengendera sepeda motor, Ardi kepada katakabar.com pada Jumat (23/10) siang.

Bergeser ke arah wilayah Kecamatan Pinggir, persisnya di depan kantor Desa Semunai. Ruas Jalan Lintas Pekanbaru - Duri kondisinya rusak berat. Badan jalan sudah amblas, aspal hotmix telah berganti base dan berlubang, serta tergenangi air.

Kondisi itu, sangat berbahaya bagi pengendera dan ragam kenderaan yang melintas dan melewati jalur lintas Utara Sumatera.

"Badan Jalan rusak berat sudah cukup lama terkesan ada pembiaran, sehingga badan jalan hari demi hari makin tambah rusak. Apalagi ragam kenderaan berat melintas setiap hari membuat badan jalan tambah remuk dan rusak parah," ujar warga sekitar, Samsiah kepada katakabar.com.kemarin.

Untuk itu, pemerintah harus segera memperbaiki badan jalan yang rusak berat. Bila kondisi ruas jalan yang rusak dibiarkan berlarut - larut, yang ada tambah rusak parah dan akhirnya tak bisa dilalui kenderaan.

"Saya heran Pak, katanya negara indonesia kaya. Badan jalan rusak tak kunjung diperbaiki, apa tidak ada duit sehingg dibiarkan begitu saja," jelasnya rada kesal dan kecewa.


Editor : Sahdan

Berita Terkait