Bakar Lahan, Warga Pematang Pudu Dijebloskan ke Penjara

Mandau, katakabar.com - Warga Asrama Tribrata, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, belakangan diketahui inisial BK umur 48 Tahun mesti berurusan dengan pihak kepolisian dan merasakan pahitnya menginap di kamar sempit tahanan Mako Polsek Mandau.

Lantaran ulahnya membakar tumpukan ragam rerumputan, setelah melakukan pembersihan lahan. Api pun membesar dan merembet hingga menghanguskan lahan seluas 1 hektar yang berada di Jalan Sutan Betuah Maju, RT 03 RW 01, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Tindak Pidana Karlahut ini di singkap Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Mandau, dipimpin Kanit Reskrim Polsek Mandau, IPTU Firman Fadhila, SIK bersama anggota Reskrim Polsek Mandau, Kamis (6/2) sekitar pukul 16.00 WIB kemarin, ujar Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi kepada katakabar.com lewat siaran persnya, pada Jumat (7/2) siang.

Diceritakan Kompol Arvin, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pematang Pudu mendapat informasi dari masyarakat, ada terjadi kebakaran lahan di Jalan Sutan Betuah Maju, RT03, RW01, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Bengkalis sekitar pukul 15.30 WIB di hari yang sama.

Unit Reskrim Polsek Mandau langsung melakukan penyelidikan di TKP, benar terjadinya kebakaran lahan di wilayah tersebut. Dari keterangan Saksi di TKP, memang ada 1 orang laki-laki yang melakukan pembakaran lahan.

Setelah penyelidikan dan dari keterangan saksi-saksi, pembakar lahan inisial BK. Tim Opsnal langsung melakukan pencarian dan menemukan BK.

"Dari interogasi, pelaku mengakui telah melakukan pembakaran di lahan itu. BK di suruh untuk membersihkan lahan milik inisial AR, dibayar Rp1,5 Juta," kata Kapolsek Mandau.

Pelaku melakukan hal itu atas inisiatif sendiri dengan cara menumpukkan tanaman yang diimasnya lalu di bakar. Api membesar meski BK sempat melakukan pemadaman, lantaran mau berjualan dan di tinggalkan lahan dalam kondisi masih terbakar. Api menjalar kepada lahan sehingga menyebabkan pohon sawit di lahan orang lain ikut terbakar, jelas Alumni AKPOL 2005 silam.

Kini pelaku beserta barang bukti berupa, Satu buah korek api dan Tiga potongan kayu bekaw terbakar sudah diamankan di Polsek Mandau guna penyidikan selanjutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait