Bakul Online, Cara Jualan UMKM Riau di Era New Normal

Pekanbaru, katakabar.com - Menggandeng Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI), Pertamina menggelar Bazar Kuliner (Bakul) Online di Riau. Ini merupakan upaya Pertamina dalam membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Riau dalam menjajakan produk dagangannya.
 
Bakul Online itu sendiri ditaja Pertamina sejak 28 Juni hingga 12 Juli 2020 mendatang di UMKM HUB, Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru. Yakni mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.
 
"Kegiatan ini memungkinkan pelaku UMKM  berjualan langsung dengan protokol COVID-19, serta melalui daring bekerja sama dengan aplikasi Gofood dan Goshop dari Gojek," terang Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I, Roby Hervindo.
 
Menurutnya, program ini ditaja juga sebagai upayanya mendukung membangkitkan UMKM dari tekanan pandemi. 
 
"Melalui Bakul Online, pelaku UMKM bisa berjualan fisik dengan tetap mempraktekkan protokol pencegahan COVID-19. Lebih baik lagi, mereka juga bisa menjajakan kepada pembeli secara daring," tutur Roby.
 
Program ini dihadirkan juga seiring dengan pemaparan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 UMKM yang terlihat mampu bertahan dan tumbuh adalah yang terhubung dengan ekosistem digital. Ini menjadi tantangan besar, mengingat dari 67 juta UMKM Indonesia, baru 13 persen yang sudah go digital.
 
Program ini juga mendapat apresiasi dari Gubernur Riau, Syamsuar yang turut hadir dalam pembukaan program itu beberapa waktu lalu.
 
"Saya mendukung sekali kegiatan Bakul Online ini karena memang fokus Pemerintahan Riau saat ini untuk menyelamatkan perekonomoan UMKM. Adapun UMKM yang hadir kualitas produknya bersaing di pasaran. Ayo para pengunjung baik langsung dan yang di rumah, dibeli dagangan UMKM ini," ucap Syamsuar.
 
Bakul Online ini diikuti oleh UMKM yang ada di Provinsi Riau khususnya di bidang kuliner. Tidak hanya menjajakan produk secara langsung dan daring, namun kegiatan juga diisi oleh talkshow oleh wirausaha, foodcourt anti Covid-19, lomba masak virtual, dan lain sebagainya.
 
Sementara, lima UMKM mitra binaan Pertamina juga ikut dalam gelaran ini.  Diantaranya yakni Cimaru Farm yang memiliki produk sayur organik, Bells Kitchen dengan produk makanan beku, dan Dua Putri untuk kuliner kue pukis.
 
Selain itu, Pertamina sendiri terus menggencarkan dukungan bagi UMKM melalui Program Kemitraan. Program ini memberikan pinjaman bergulir maksimal 200 juta, dengan biaya administrasi hanya 3 persen menurun. Peminjaman modal ini, dibarengi pula dengan program pembinaan dan pembimbingan bagi UMKM mitra binaan Pertamina.
 
Untuk mempermudah bagi para UMKM yang tertarik dengan program pinjaman itu, dapat mengajukan pinjaman Program Kemitraan yang diinginkan melalui www.pertamina.com/id/pkbl.
 
Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait