Vidcon Rakorsus Tingkat Menteri

Bangun Sinergitas Penanganan Covid 19

Bengkalis, katakabar.com - Video Conference (Vidcon) Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat menteri digelar kemarin, Pemerintah Kabupaten Bengkalis ikuti diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis, Umi Kalsum dari Ruang Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis.

Kegiatan itu bertujuan, guna percepatan penanganan penyebaran virus corona. Menteri Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Panglima TNI, Wakapolri, Wakil Jaksa Agung, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara, Kepala BNPB, Gubernur, Bupati, Walikota dan Forkopimda se Indonesia ikut Vidcon.

Saat ini tingkat kedisiplinan masyarakat belum maksimal, hal ini dampak dari kejenuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. 

Untuk itu koordinasi antara TNI danPolri dengan Forkopimda serta komponen lainnya untuk memberikan pembinaan masyarakat, pengawasan protokol kesehatan termasuk patroli bersama Polri.

"TNI sudah menyiapkan 91 ribu pasukan untuk memberikan dukungan kepada Walikota dan Bupati,” tegas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam arahannya.

Mendagri, Tito Mengatakan, sesuai implementasi Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020, Pemerintah Daerah agar mengambil langkah langkah melaksanakan dan meningkatkan sosialisasi secara massif untuk pencegahan dan pengendalian Covid 19, Menyusun dan menetapkan Perkada tentang penerapan protokol kesehatan dengan memperhatikan dan disesuaikan dengan kearifan lokal di daerah masing-masing.

“Khusus kepada Gubernur agar memberikan pendampingan kepada Bupati dan Walikota di wilayahnya untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan penyusunan peraturan Bupati dan Walikota,” serunya.

Kegiatan ini salah satu upaya dalam meningkatkan kewaspadaan bersama. Langkah ini dalam melakukan upaya pencegahan virus corona, terus menjaga kesinergitasan dalam melakukan penanganan serta pencegahan virus Covid-19,” ujar Umi Kalsum singkat.

Editor : Sahdan

Berita Terkait