Baru Dua PD Teken PI dan PK, Kapan PD Lainnya di Lingkup Pemkab Bengkalis?

Bengkalis, katakabar.com - Dua Perangkat Daerah (PD), masing-masing Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis sudah teken Pakta Integritas (PI) dan Perjanjian Kerja (PK).

Kedua PD tersebut menindak lanjuti instruksi Penjabat Bupati Kabupaten Bengkalis, Syahrial Abdi, untuk mewujudkan transparansi di tiap PD Tahun Anggaran tahun 2021 ini.

"Perangkat Daerah adalah organisasi atau lembaga pada Pemerintah Daerah yang bertanggung jawab kepada Kepala Daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Sewajarnya dalam penggunaan anggaran transparan dan mesti diketahui semua orang, khususnya masyarakat Kabupaten Bengkalis."

Pada penekanan PI dan PK di DLH Kabupaten Bengkalis, disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis Arman AA, Senin (18/1) kemarin.

"Seluruh Pejabat Administrastor dan Pejabat Pengawas turut membubuhkan tekenan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja tahun anggaran 2021.

Tidak cuma teken PI dan PK, Daftar Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2021, diserahkan kepada Sekretaris DLH Bengkalis, Andris Wasono dan seluruh Kepala Bidang, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium.

Penekenan Pakta Integritas, dan Perjanjian Kinerja, serta penyerahan DPA kepada Pejabat Administrator di lingkungan DLH tindaklanjut dari intruksi Pejabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi.

“Pada Jumat (15/1) lalu, Penjabat Bupati Bengkalis saat penyerahan DPA, mengintruksikan seluruh perangkat daerah bergerak cepat, dan cepat ditindaklanjuti” tegas Kadis DLH Bengkalis, Arman.

Untuk itu, agar masing-masing pejabat administrator dan pengawas dapat meningkatkan kinerja, menjaga citra dan kredibilitas lewatnpelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan dan akuntabel.

Diharapkan seluruh pejabat administrator dan pengawas untuk komitmen dalam melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang serta mampu menjalankan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Seluruh aparatur DLH mesti mampu dan bisa menjawab persoalan-persoalan di tengah masyarakat sesuai dengan kewenangan dan tupoksinya masing-masing," imbuhnya

Di hari yang sama, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis teken PI dan PK Tahun Anggaran 2021.

Bertempat di halaman kantor Dinas Kominfotik, Jalan Kartini Bengkalis dan disaksikan Kepala Dinas Kominfotik Bengkalis, Johansyah Syafri.

"Pejabat administrator dan pengawas Kominfotik sudah menindaklanjuti instruksi Pj Bupati Bengkalis, tindaklanjut ini hendaknya sama-sama menjadi perhatian kita semua sebagai abdi masyarakat dalam menjalankan ini," ujar Johansyah Syafri.

Kadis Kominfotik Bengkalis ini menekankan, agar masing-masing pejabat administrator dan pengawas dapat meningkatkan kinerja, menjaga citra dan kredibilitas melalui pelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan dan akuntabel.

“Harapannya, seluruh pejabat administrator dan pengawas untuk komitmen  dalam melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang serta mampu menjalankan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

Selepas penekenan pakta integritas netralitas dan perjanjian kerja, Kadis Kominfotik Bengkalis serahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang menjadi kerangka acuan kegiatan dilingkungan dinas pada tahun 2021.

Berdasarkan website resmi Diskominfotik Bengkalis, baru dua PD yang sudah teken PI dan PK di lingkup Pemkab Bengkalis.

Terus, timbul pertanyaan. Kapan PD lainnya di lingkungan Pemkab Bengkalis teken PI dan PK? Semoga PD lainnya segera tindak lanjuti instruksi Penjabat Bupati Bengkalis.

Editor : Sahdan

Berita Terkait