Batasi Penyebaran Corona, Ibukota Manila Terapkan Jam Malam

Katakabar.com - Walikota Metro Manila yang terdiri atas 16 kota dan kota madya Manila mengumumkan jam malam mulai berlaku pada hari Sabtu dan mendesak pusat perbelanjaan untuk menutup selama satu bulan. Langkah ini dilakukan untuk mempersempit penyebaran virus corona baru, setelah enam penderita dilaporkan meninggal dunia.

Reuters melaporkan, Sabtu (14/3), Presiden Rodrigo Duterte telah meningkatkan status darurat kesehatan negara, itu ke tingkat tertinggi dan mengeluarkan tindakan karantina di ibu kota, yang menampung 12 juta orang, itu.

Tindakan yang dilakukan di ibukota Filipina itu termasuk yang paling ketat diterapkan dibandingkan negara Asia lainnya. Negara-negara seperti Eropa dan Amerika Serikat juga akan berusaha menahan penyebaran pandemi yang telah menewaskan lebih dari 5.000 orang di seluruh dunia.

“Untuk membatasi penyebaran virus, kita perlu membatasi pergerakan orang. Kami memperlambat pergerakan orang di Metro Manila,” Jose Arturo Garcia, manajer umum Otoritas Pengembangan Metropolitan Manila, mengatakan pada konferensi pers.

Beberapa warga ibukota berbondong-bondong ke stasiun bus dan bandara menjelang larangan perjalanan yang akan mulai pada hari Minggu besok (15/3).

Presiden pada hari Kamis mengeluarkan pembatasan perjalanan darat dan udara ke dan dari ibukota Manila, yang akan berlaku mulai 15 Maret, dan libur sekolah diperpanjang hingga 12 April.

Jam malam hari mulai berlaku mulai 15 Maret hingga 14 April, namun beberapa karyawan akan dibebaskan dari pekerjaannya.  Garcia menambahkan bahwa pelanggar tidak akan ditegur dan tidak ditangkap.

Walikota akan mengeluarkan peraturan lokal untuk penutupan sementara mal dan perusahaan, namun tetap membebaskan toko yang menawarkan layanan seperti bahan makanan, bank dan apotek. Ibukota adalah rumah bagi pusat perbelanjaan yang luas, beberapa di antaranya yang terbesar di dunia.

Departemen kesehatan Filipina pada hari Sabtu mengkonfirmasi satu kematian baru dari lima sebelumnya akibat virus corona. Saat ini, Manila meningkatkan status darurat kesehatannya ke tingkat tertinggi. Gatra.com

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait