Pandangan Umum Fraksi DPRD

Begini Jawaban Bupati 'Negeri Sagu'

Selatanjang, katakabar.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti, Kamsol, yang menjawab mewakili Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, mengenai pandangan umum Fraksi DPRD soal Nota Keuangan RAPBD tahun anggaran 2021, Bertempat di Balai Sidang DPRD, malam tadi.

Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah didampingi Wakil Ketua I DPRD, Khalid Ali, dan Wakil Ketua II Iskandar Budiman, serta dihadiri 19 anggota DPRD Kepulauan Meranti.

Terima kasih atas saran, masukan dan usulan anggota DPRD Kepulauan Meranti dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang memberikan dukungan sepenuhnya atas penyampaian Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2021, ujar Kamsol.

Secara umum disimpulkan penghematan, efisiensi dan efektifitas salah satu fokus Pemerintah Daerah (Pemda) menyusun dokumen RAPBD tahun anggaran 2021. Dengan memprioritaskan belanja yang memberikan Impact baik secara langsung maupun tidak langsung terkait penanganan pandemi Covid 19 dan dampak yang ditimbulkan dari pandemi.

Koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terus dilakukan untuk memperoleh dukungan, seperti bantuan keuangan dan belanja yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), berupa fisik mau pun non fisik salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti bisa terwujud, jelasnya.

Terkait pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan kata Sekda Kepulauan Meranti ini, Pemkab Kepulauan Meranti dalam merumuskan APBD tahun 2021 sudah menformulasikan bentuk bantuan usaha masyarakat, seperti sarana dan prasarana pertanian, perikanan, perkebunan serta bentuk-bentuk lain berupa pelatihan dan pembukaan lapangan pekerjaan baru.

Hal itu, sebagai langkah untuk mewujudkan kemandirian terlaksana semestinya.

"Program dan kegiatan di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah dilaksanakan secara baik. Buktinya, dengan diperolehnya predikat wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI selama 7 tahun berturut-turut," cerita Kamsol.

Pemda Kepulauan Meranti sangat sepakat dengan saran Fraksi PDI Perjuangan terkait APBD 2021 diharapkan untuk diarahkan pada program pemulihan daya beli masyarakat dengan program pro rakyat seperti program padat karya, ekonomi kerakyatan dan lainnya, ini sudah diaplikasikan pada APBD tahun 2020.

Berikutnya, pandangan umum Fraksi Golkar Plus Hanura, pada prinsipnya Pemda sangat setuju pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk Jalan Selat Akar menuju Bandul, kewenangan Pemerintah Provinsi Riau. Pemkab Kepulauan Meranti cuma berupaya mengusulkan finalisasi pengerjaan jalan.

"Sementara untuk ruas jalan lainnya kewenangan kabupaten, sudah dianggarkan dalam APBD Tahun Anggaran 2021."

Pembangunan Gedung Kantor Bupati dan Gedung Kantor DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, belum dianggarkan pada tahun 2021 disebabkan terbatasnya tingkat kemampuan keuangan daerah.

"Berkaitan dengan pemanfaatan Incenerator belum bisa dioptimalkan disebabkan adanya kendala pada proses perizinan di tingkat Kementerian Lingkungan Hidup. Usaha untuk melakukan penanganan limbah medis dan B3 tetap dilakukan dengan cara bekerjasama dengan pihak ke tiga hingga kini berlangsung," bebernya.

Mengenai sekolah agama dan sekolah swasta, Pemkab Kepulauan Meranti sudah mengalokasikan anggaran untuk membantu sekolah-sekolah agama dan swasta pada APBD tahun anggaran 2021, disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Pembentukan UPT BPBD, Pemkab sangat setuju. Perlu dipertimbangkan urgensi dan efektifitasnya."

Tentang usulan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, agar pembukaan lapangan kerja dituangkan secara fokus di dalam APBD 2021, diapresiasi semua pihak. Apa yang tertuang di dalam APBD diharapkan berdampak dan berimplikasi secara signifikan terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Kami sepakat dan sependapat dengan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, yang menghendaki agar penanganan Covid 19 tetap dilanjutkan, dan kita sama-sama berharap agar musibah Covid 19 segera berakhir sehingga semua anggaran yang telah diploting untuk keperluan lain tidak mengalami pergeseran," sebutnya

Editor : Sahdan

Berita Terkait