Bersinergi, DKP dan TP PKK Optimalkan Lahan Pekarangan Dari Buruk Bakul

Bengkalis, katakabar.com- Kemarin, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis, menggelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan, di Balai Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Bakul.

Kegiatan ini diikuti TP PKK Kecamatan Bukit Batu dan Kelompok Wanita Tani Cempaka Hijau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Imam Hakim dan Camat Bukit Batu diwakili Sekretaris Kecamatan, Jundi Bustari.

Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis diwakili Kuwanto dari POKJA 2, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP, Susy Hartati serta Kepala Desa Buruk Bakul dan Ketua TP-PKK Desa Buruk Bakul.

“Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan ini sengaja disinergikan dengan salah satu Program PKK, Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau yang dikenal dengan Istilah HATINYA PKK,” ujar Kepala DPK, Imam Hakim.

Berdasarkan itu, erat kaitannya antara program yang ada di DKP dengan salah satu program pokok PKK, sehingga sengaja bersinergi dan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bengkalis dan TP PKK Kecamatan Bukit Batu dalam melaksanakan kegiatan pelatihan.

“Disamping kelompok sasarannya kaum ibu ibu Kelompok Wanita Tani maupun Dasawisma dan PKK desa. Kegiatan ini perlu disadari begitu penting kaum ibu lebih memahami tentang kecukupan pangan di tingkat rumah tangga."

Apalagi di saat Pandemi Covid 19 yang belum pasti berakhirnya, sehingga sangat dibutuhkan peran ibu ibu untuk memaksimalkan pemanfaatan pekarangan dan dikelola sebagai sumber pangan yang dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga,” jelasnya.

Kata Imam, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tidak cuma sebatas pembekalan teori tentang budidaya tanaman.

Tapi, dilaksanakan praktik di lapangan yang langsung diikuti Ibu-Ibu TP PKK dan kelompok wanita tani dengan bimbingan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Sudah itu semua peserta pelatihan mendapat bantuan benih benih tanaman sayuran yang dapat di tanam di lahan kelompok maupun di pekarangan rumah masing-masing, ceritanya.

Sekretaris Kecamatan Bukit Batu berharap agar tidak hanya peserta pelatihan ini yang menanami lahan pekarangan, mesti ditularkan kepada semua ibu rumah tangga khususnya di Kecamatan Bukit Batu.

“Kita berharap tidak ada lagi lahan pekarangan yang tidak diolah atau dimanfaatkan,” pesannya.

Ketua TP PKK diwakili Pokja 2 mengaminkan Sekcam Bukit Batu, lewat program HATINYA PKK, nantinya bakal dilakukan penilaian, biar TP PKK desa mampu mengajak masyarakat lainnya untuk mengolahan pekarangan rumah menjadi halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman serta memiliki manfaat  yang banyak, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait