BPK Riau Serahkan LHP Penanganan Covid-19 kepada Bupati Siak

Pekanbaru, katakabar.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Riau menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) terkait efektivitas penanganan Covid-19 bidang kesehatan di Kabupaten Siak. 

Penyerahan LHP dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau, Widhi Widayat kepada Bupati Siak Alfedri di Ruang Rapat Kantor BPK Pekanbaru, Selasa (29/12).

Widhi Widayat menjelaskan, LHP Penanganan Covid-19 Siak ini merupakan jenis pemeriksaan guna tujuan tertentu. Dimana dari hasil pemeriksaan itu juga akan disampaikan BPK Perwakilan Riau kepada pemerintah pusat.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak atas kerjasamanya dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan penanganan Covid-19 di Siak," kata Widhi. 

Dikatakan Widhi BPK ikut berperan dalam pelaksanaan penanganan pandemi dari sisi keuangan negara yang akuntabel dan transparan. 

Diakui Widhi, pihaknya masih menemukan beberapa permasalahan yang masih perlu mendapat perhatian. Permasalahan laporan itu jadi temuan BPK dan dilampirkan dalam LHP untuk dilakukan perbaikan

"Jadi, sesuai dengan Pasal 20 UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi dalam LHP BPK," kata dia.

Artinya lanjut Widhi, pejabat wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut atas rekomendasi dalam LHP selambat-lambatnya 60 hari sejak laporan hasil pemeriksaan BPK diterima.
 
Mengenai hal itu, Bupati Siak, Alfedri mengucapkan terima kasih kepada BPK yang telah memberikan saran dan masukan kepada Pemkab Siak. 

"Kami akan menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi dari BPK. Ini juga bertujuan untuk memperbaiki pelayanan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak" kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait