Buka FGD Persiapan PLK Pemkab Bengkalis TA 2020, Ini Pesan Bustami HY

Pekanbaru, katakabar.com - Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah suatu hal yang wajib dilakukan setiap berakhirnya tahun anggaran. Ini sesuai amanat pasal 189 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019.

Pada penyusunanan laporan keuangan ini, kita mesti berupaya untuk meningkatkan kualitas penyajiannya, biar dapat memenuhi unsur-unsur persyaratan bagi penyajian laporan keuangan yang memadai, sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan dalam standar laporan keuangan, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis, Bustami HY mewakili Pejabat (Pj) Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi saat membuka secara resmi kegiatan Fokus Grup Discussion (FGD) Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2020, di Aula Grand Central Hotel Pekanbaru, Selasa (22/12) pagi kemarin.

Kata Bustami HY, terima kasih kepada PPK SKPD dan Tenaga Akuntansi atas kinerjanya selama ini hingga kita bisa meraih Opini WTP 7 kali berturut-turut atas LKPD Kabupaten Bengkalis.

“Kita berharap dapat mempertahankan opini WTP pada tahun ini. Tapi perlu diingat, perolehan Opini WTP dan penghargaan yang diterima bukan tujuan akhir. Ini mesti dimaknai Opini WTP dan penghargaan suatu media untuk bisa mengelola keuangan daerah untuk menjadi semakin lebih baik lagi dari waktu ke waktu."

Mari bersama-sama tingkatkan pengetahuan dan pemahaman, jangan sungkan untuk menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam penyusun laporan keuangan di PD masing-masing,” ajak Bustami.

Ketua panitia Pelaksana Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan, Susi Handayani melaporkan, Fokus Discussion Group (FGD) ini dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan Laporan Keuangan SKPD dan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang handal, transparan, dapat di pertanggung jawabkan sesuai dengan sistem Akuntansi Pemerintah, ujarnya.

Acara FGD menghadirkan narasumber Kepala Sub Auditorat Riau II, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau, Handrias Haryotomo beserta Salomo FP Hutabat, Auditor BPK Provinsi Riau.

Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Provinsi Riau, Hartono, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau, Indra, dan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) SKPD dan Tenaga Akuntasi (TA) Se-Kabupaten Bengkalis, turut di sana.

Editor : Sahdan

Berita Terkait