Bunga Mekar di Tengah Covid 19

katakabar.com - Pada tahun 2020, tengah terjadinya pandemi populer bernama virus Covid 19, suka tak suka dan mau tak mau masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu.

Di masa pandemi ini pula banyak sekali masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu lagi menggandrungi tren dan menggiatkan tanaman hiasan rumah, seperti menanam bunga baik di luar atau di dalam rumah.

Budidaya tanaman bunga, seperti Begonia caranya terbilang mudah. Proses penanamannya, kita harus menggunakan tanah campuran sekam padi, terus melakukan penyiraman tidak boleh becek dengan air, tapi mesti lembab, dan tidak perlu harus selalu ada di bawah sinar matahari, cukup letakkan di teras rumah saja.


Untuk perawatan bunga Begonia dan Keladi hampir sama, menggunakan tanah hitam dengan campuran sekam padi, kompos, dan tambahkan kapur dolomite untuk tanaman.

Tanaman Keladi bisa hidup di media lembab. Bunga Keladi tidak boleh kering, sebab bunga bisa mati. Untuk menjaga warna yang terang hindari menggunakan pupuk urea atau nitrogen yang berlebihan, sebab nanti bakal menimbulkan unsure warna menjadi kuning dan tidak terlihat bagus.

Nah, untuk mendapatkan hasil bunga yang lebih memukau seperti apa yang dinginkan. Kita mesti melakukan kiat-kiat atau tata cara menanam dan merawat bunga seperti yang sudah di bahas di bagian atas tadi, tentang cara menanam bunga dan merawat bunga.

Bunga tidak cuma buat hiasan rumah, tapi memiliki fungsi untuk pengobatan herbal, seperti saat demam bunga begonia kaya manfaat bisa digunakan.

Tak kalah penting, fungsi bunga saat pandemi banyak, sebab lebih banyak orang menghabiskan waktu di rumah dari pada berkeluyuran di luar rumah, seperti di jalan melakukan aktivitas tidak penting dan tidak bermanfaat bagi mereka.

Hal itu sejalan dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, kita tidak boleh keluar rumah jika tidak ada hal yang begitu penting. Apalagi virus Covid 19 tidak tampak oleh kasat mata tetap berada di rumah dengan budidaya tanaman bunga sangat bermanfaat dan tidak secara langsung ikut andil memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Artikel oleh Zulma Hendra Nim: 1803013
Prodi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dosen Pengampu: Rita Ariant

Editor : Sahdan

Berita Terkait