Camat di Meranti Ajak Warga 'Gesek Terus' Akibat Corona

Meranti, katakabar.com - Camat Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau Rayan Pribadi mengajak masyarakat untuk mengikuti program Gesek Terus. Tapi jangan berpikiran aneh, program Gesek Terus adalah program sosial untuk masyarakat kecil terkhusus warung-warung kecil di Kota Sagu itu.

"Kita akan membuat inovasi untuk masyarakat ikut program Gerakan Sedekah Sebutir Telur Secalung Beras atau lebih dikenal dengan sebutan Gesek Terus," katanya kepada katakabar.com, Ahad (14/6).

Dijelaskan Camat, program tersebut dikhususkan untuk warga yang kurang mampu yang dalam kesehariannya sangat susah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Caranya adalah bagi warga yang mampu dapat menitipkan bahan kebutuhan pokok berupa beras dan telur ke warung kecil.

Program itu ditujukan membantu warga yang kurang mampu. "Jadi begini, setiap warga yang berbelanja di warung-warung kecil dekat rumah bisa menitipkan uang seharga secanting beras dan sebutir telur kepada pemilik warung yang sudah melakukan kerjasama dengan pihak kecamatan," urainya.

"Nanti akan ada tim yang akan menjemput dalam bentuk beras dan telur di warung tersebut," ungkap Rayan.

Ia pun menambahkan, semua warung yang ada di Kecamatan Tebingtinggi akan diajak kerjasama. Bahan pokok tersebut akan dibagikan setiap hari Jumat.

"Kita targetkan seluruh warung kecil yang menjual kebutuhan pokok yang berada di lingkungan warga yang ada di Kecamatan Tebingtinggi. Nanti akan ada tim kecamatan yang akan menjemput sedekah itu di warung-warung setiap hari Kamis, dan hasil sedekah itu akan di kumpulkan untuk dibagi kepada warga setiap hari Jumat," ujarnya.

Rayan menjelaskan, kenapa harus di warung kecil, hal itu dimaksudkan untuk membantu pemilik warung agar usahanya cepat laku. Selain itu pihaknya mendorong kepada masyarakatnya untuk saling berbagi kepada sesama.

"Intinya kita mengajak masyarakat untuk berbagi saat memiliki rezeki. Melebihkan uang belanjanya atau barang belanjanya kepada pemilik kedai untuk dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Secepatnya kita akan mulai sosialisasi dengan berkeliling ke warung-warung yang akan kita lakukan kerjasama. Kita juga akan menitip spanduk kecil untuk mengajak setiap individu agar mau bersedekah saat berbelanja," jelasnya. 

Editor : Anggi

Berita Terkait