Capil Siak Genjot Perekaman e-KTP Jelang Pilkada

Siak, katakabar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak, Riau, turun lapangan membuka pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Bahkan, Disdukcapil menyisir kecamatan-kecamatan. Targetnya, wajib KTP yang belum mengantongi KTP elektronik sekaligus menyukseskan Pilkada Siak, 9 Desember 2020.

"Sekali turun, bisa 100 orang yang melakukan perekaman di tiap kecamatan. Kalau perekaman di kantor dinas, kadang hanya 50-60 orang saja per-hari," kata Kepala Disdukcapil Siak, Hasmizal dikonfirmasi katakabar.com, Senin (23/11). 

Ia mengaku, salah satu tujuan pelayanan jemput bola di tiap kecamatan ini agar semua masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya.

Bahkan, sehari jelang Pilkada Siak, Hasmizal memastikan layanan di Kantor Disdukcapil masih dibuka. "Tentu perekaman di pacu. Kalau administrasi lengkap. Satu hari bisa selesai (e-KTP)," kata dia.

Proses e-KTP cepat selesai lantaran Disdukcapil Siak saat ini juga tidak kekurangan blangko. Hingga November ini, tak kurang dari 40 ribu blangko e-KTP habis.

"Kalau yang perekaman per Juni 2020 sebanyak 203.585. Itu semuanya. Tidak hanya di kantor dinas saja. Melainkan gabungan di dua UPTD yang juga memiliki alat rekam yakni di UPTD Kandis dan Tualang," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait