Cerita Martini Tentang Bantuan Covid 19 2020

Bengkalis, katakabar.com - Bertempat di aula Kantor Dinas Sosial Jalan Antara Bengkalis, pulau seberang, pada Kamis (2/7).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Hj Martini bercerita tentang bantuan Covid 19, yang digelontorkan Dinas Sosial Kahupaten Bengkalis Tahun 2029.

Ada 7 Bantuan Sosial (Bansos) yang disalurkan Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, dari penyediaan jaring pengaman sosial lewat Kemensos RI, APBD Provinsi dan Kabupaten Bengkalis

"Bansos yang disalurkan Dinsos Bengkalis dibeberkan, untuk keterbukaan kepada semua pihak. Biar tidak ada hal-hal yang menjadi kecurigaan masing-masing, nantinya dipersoalkan,” kata Hj Martini.

Cerita Martini, bantuan yang diterima Kabupaten Bengkalis dari Kemensos RI meliputi, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)  dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Berikutnya, dari APBD Provinsi Riau berupa Bantuan Keuangan Khusus Kepada Pemda Kabupaten buat masyarakat terdampak Covid 19 bernama BST Provinsi.

Dari Kabupaten Bengkalis berupa Pemenuhan Kebutuhan Dasar ODP yang dikarantina, Bantuan Sosial Tunai (BST) Kabupaten serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Otonom, jelasnya.

Untuk penyaluran Bansos kepada penerima ujar Martini, Dinas Sosal Kabupaten Bengkalis dipantau menggunakan aplikasi Mata Bansos. Aplikasi ini untuk memantau dan mengendalikan penyaluran Bansos kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 di Kabupaten Bengkalis, khususnya yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi Riau Tahun 2020.

"Aplikasi ini dirasa cukup efektif dalam memantau penerima bantuan kepada yang benar-benar berhak menerima dan dapat mendeteksi apabila satu penerima mendapatkan beberapa jenis Bansos."

Tidak cuma Dinsos Bengkalis yang bisa mengakses aplikasi Mata Bansos, Kejaksaan Negeri Bengkalis serta sejumlah pihak terkait lainnya dapat mengakses Mata Bansos, tegasnya.

Mengenai kapan penyaluran Bansos yang belum berjalan, bakal diupayakan secepatnya, agar penerima dapat memanfaatkan bantuan dengan maksimal.

“Kami mau penyaluran secepatnya, ini lagi diusahakan dengan berkoordinasi dengan beberapa pihak. Kami berusaha berikan yang terbaik, sama seperti yang lainnya kami mau pekerjaan ini cepat beres,” sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait