Corona, Hambat Perusahaan Ini Bikin PKS di Siak

Siak, katakabar.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 sangat dirasakan dampaknya oleh semua pihak. PT Trio Mas misalnya, rekom teknis perusahaan yang bergerak di bidang kebun kelapa sawit ini terkendal karena wabah itu.

"Perusahaan ini mau bikin Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di wilayah Kecamatan Sungai Apit dekat Kampung Teluk Lanus," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan dan Non Perizinan Pemanfaatan Ruang DPMPTSP Siak, Teguh menjawab katakabar.com, Jumat (22/5).

Terkendalanya rekom teknis tadi kata Teguh bukan karena sistem perizinan di Kabupaten Siak, namun karena kondisi virus Corona yang sudah pandemi di Indonesia.

"Padahal, kita sudah lakukan survei ke lokasi. Namun, ya itu dia, karena wabah ini, ada persyaratan yang belum bisa diterbitkan. Penyebabnya bukan dari kitanya, namun dari pusat. Kalau kita sih oke, kalau semua persyaratannya oke," kata dia.

Secara keseluruhan kata Teguh persyaratan perusahaan untuk membikin PKS sudah memenuhi. Salah satunya, perusahaan sudah memiliki lahan sendiri.

"Lusasnya, ribuan kalau tak salah saya. Dan sudah memiliki izin. Pokoknya kendalanya karena virus ini, kalau engak, selambat-lambatnya, tahun depan udah beroperasi PKS tersebut," kata dia.

Sebab kata Teguh, selama ini jika memenuhi syarat, semua investor yang mesuk ke Siak tidak pernah dipersulit. "Kalau situasi normal, mestinya sudah keluar. Namun karena kondisi seperti ini, tertunda," kata dia.

Ia juga tidak dapat memastikan kapan rekom teknis itu akan dikeluarkan. "Belum. Belum dapat dipastikan. Saya rasa, tunggu dulu kondisi sudah benar-benar aman, baru dikeluarkan rekom itu," pungkasnya.

 

Editor : Sahril

Berita Terkait