Curi Sepeda, Anggota Satpol PP Dibekuk Polisi

Pekanbaru, katakabar.com - Aksi pencurian sepeda di wilayah Sekolah Dasar (SD) Negeri 82 Jalan Thamrin, Kecamatan Sail berhasil digagalkan warga. Dua pelaku yakni BR (38) dan LH (40) berhasil diamankan warga yang selanjutnya digelandang ke kantor polisi, Sabtu (25/7).
 
Salah satu dari pelaku yang berinisial BR (38), belakangan diketahui merupakan salah satu anggota Satpol Pemerintah Kota Pekanbaru. Sementara pelaku lainnya adalah abang kandung BR.
 
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Nandang menyebut kedua pelaku diamankan dari warga sekitar yang berhasil menangkap pelaku. 
 
"Iya, pelaku ngambil sepeda. Kedua pelaku sudah diamankan di Polsek Limapuluh," terangnya.
 
Keduanya dilaporkan Firman Yusri (35) yang merupakan orang tua korban. Ceritanya, sekitar pukul 10.00 WIB anak korban hendak pergi menuju sekolah di SD Negeri 82 untuk mengantarkan tugas sekolah kepada guru kelas menggunakan sepeda.
 
Sesampainya di sekolah, anak korban memarkirkan sepedanya di pinggir jalan di luar pekarangan sekolah. Saat yang bersamaan datang kedua pelaku menggunakan sepeda motor dan langsung mengangkat sepeda tersebut. 
 
"Saat melakukan aksinya, pelaku ketauan warga sekitar dan ditangkap warga," bebernya.
 
Tidak selang lama petugas piket Polsek Limapuluh datang ke TKP mengamankan pelaku. 
 
Kanit Reskrim AKP Zulfikrianto menjelaskan bahwa salah satu pelaku merupakan oknum Satpol PP Kota Pekanbaru. 
 
"Yang satu (BR) tugas di Satpol PP Kota Pekanbaru, yang LH itu pengangguran," tuturnya.
 
Lebih jauh dikatakannya, untuk pelaku BR juga sudah pernah diamankan di Mapolsek Limapuluh akibat terlibat tindak pidana ringan (Tipiring). "Ngambil (pelaku) keranjang plastik di pasar buah," ulasnya. 
 
Sementara LH mengaku baru kali ini melakukan aksinya. Dari pengakuan keduanya, perkara itu nekad mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
 
"Pengakuannya gak ada niat untuk nyuri, karena lihat sepeda terparkir, makanya mereka langsung ambil," pungkasnya. 
 
Sementara dari tes urine yang dilakukan petugas, kedua pelaku positif mengkonsumsi metafetamin.
 
Untuk barang bukti yang turut diamankan petugas kepolisian yakni satu unit sepeda merk Aviator warna biru, dan sepeda motor Honda Blade warna hitam dengan nomor polisi BM 3143 JS. 
 
Penangkapan kedua pelaku oleh warga ini juga sebelumnya sempat menghebohkan media sosial. Lantaran video mereka yang berdurasi  14 detik saat diamankan warga tersebar di media sosial itu.
Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait