Pilkada Serentak 2020 Kep. Meranti

Dari Empat Paslon, Cuma Tiga Paslon Cabut Nomor Urut

Kepulauan Meranti, katakabar.com - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Meranti secara resmi menetapkan dan mengumumkan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, dan deklarasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2020 di Kepulauan Meranti, Ballroom Grand Meranti Hotel Selatpanjang, pada Kamis (24/9) pagi tadi.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid mengatakan, sebanyak empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dinyatakan lengkap berkas-berkas sebagai calon.

Tapi, satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Said Hasyim dan Ustad Rauf belum mencabut undian, lantaran Covid 19 sehingga ditunda selama 14 hari," ujarnya.

Kata Abu Hamid, berikut nomor urut masing-masing pasangan calon, nomor urut 1 Paslon Muhamad Adil dan Azmar dengan tagline Aok dan nomor urut 2, Paslon Ery Saputra dan Muhammad Khozin dengan tagline Berseri Penuh Berkah dan Paslon urut 3 Mahmuzin Taher dan Nuriman Khair dengan tagline Menebas.

Untuk Paslon Said Hasyim dan Abdul Rauf terpaksa mendapatkan nomor urut empat, begitu aturannya sesuai yang tertuang pada PKPU tahun 2020 Nomor 50 c, 14 hari penundaan bagi Paslon yang terdampak Covid 19, bebernya.

Dijelaskannya, KPT 394 tentang KPU dasar hukum untuk tahapan pencabutan nomor. Pemilukada tetap dihelat dengan menerapkan Protokol Kesehatan sesuai aturan berlaku. Pemilukada ini harus sukses. Untuk itu penting bekerjasama dengan semua pihak tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan alat pelindung diri yang lengkap.

Salah satu cara KPU Kepulauan Meranti dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, sengaja mengurangi kapasitas jumlah peserta yang masuk ke dalam ruangan, sesuai prosedur yang ditetapkan.

Tak cuma itu, KPU Kepulauan Meranti sudah membuat pernyataan saling menghormati sesama Paslon.

"Kita mau Pilkada Kepulauan Meranti Bersih, Demokratis, La ngsung (Berdelau). Setelah penetapan ini, tidak ada kampanye hitam hingga masa - masa kampanye yang dimulai 26 September 2020 hingga 71 hari ke depan."

Kepada seluruh masyarakat, agar mengunakan sebaik-baiknya suara dengan cerdas dan bijak dalam memilih, ingat jangan sampai golput, imbuhnya.

Bupati Kepulauan Meranti lewat Staf Ahli bidang Politik, Askandar menimpali, tahapan pelaksanaan Pemilukada sudah berjalan dengan baik oleh KPU Kepualauan Meranti, yang dilanjutkan dengan deklarasi dan tahapan berikutnya mudah- mudahan dapat berjalan dengan baik.

"Selamat kepada Paslon yang dapat nomor urut satu, dua dan tiga. Kesempatan ini hendaknya momen untum bersinergi menuju kesuksesan," harapnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait