Demi Netralitas, Pj Bupati Bengkalis didesak Tak Terlibat Pemenangan Paslon

Bengkalis, katakabar.com - Beredar kabar bakal terjadi pengisian jabatan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bengkalis, saat ini dijabat Plt Sekretatis Dinas Koperasi.

Jabatan itu disebut bakal diisi "pejabat titipan" yang sengaja dipromosikan untuk kepentingan pemenangan salah satu  pasangan calon tertentu.

Soal kabar yang beredar ini,  Pemerhati Masyarakat Kabupaten Bengkalis, Zulfan Mahendra, dosen salah satu Perguruan Tinggi mengatakan, jabatan yang kosong hendaknya jangan menjadi transaksi jual beli untuk memenangkan paslon tertentu, sebab nanti bisa dikhawatirkan bakal menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Kita harap Pj Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi tetap menjaga netralitasnya, seperti yang selama ini sudah berjalan. Kinerja Pj Bupati dalam sebulan berjalan ini sudah sangat bagus. Mendekati masyarakat lewat jalinan silaturrahmi. Jangan sampai mengakomodir kepentingan kelompok tertentu, netralitasnya menjadi taruhan," tegas Zulfan Mahendra, kemarin.

Dijelaskan dosen ini, netralitas seorang Pj Bupati bakal memberikan kenyamanan dan menjaga situasi kondusif. Bila netralitas sudah dicampuri kepentingan politik dikhawatirkan menimbulkan keresahan dan kegaduhan di masyarakat.

"Kita harap Pj Bupati tetap fokus dengan tugas-tugas utama melanjutkan program strategis di negeri ini. Tetap fokus di penanganan Kebakara Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Covid 19 yang makin meningkat, serta paling utama mensukseskan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Bengkalis. Jangan terlibat politik keberpihakan nantinya menciderai fakta integritas kenetralannya," pinta Zulfan.

Masih Zulfan, agar netralitas seorang Pj Bupati yang menjadi peneraju di negeri ini bisa lebih terjaga. Netralitas ASN lainnya, Zulfan berharap semua pihak memainkan perannya. Penegak Hukum Terpadu (Gakkandu), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), LSM, masyarakat dan media diharap berperan aktif untuk mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ini.

Untuk itu, kepada semua pihak  berperan aktif dalam mengawasi netralitas ASN  ini, agar kondisi kondusif selama pelaksanaan Pilkada serentak 2020 tetap terjaga di Negeri Junjungan nama lain dari Kabupaten Bengkalis, tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait