Deretan BUMN Miliki Bisnis Hotel Hingga Buat Heran Erick Thohir

Pekanbaru, katakabar.com - Sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki bisnis perhotelan di beberapa wilayah Indonesia. Hotel-hotel itu berbintang 3 sampai bintang 5. Bahkan Menteri BUMN Erick Thohir heran dengan bisnis tersebut.

Mengetahui perusahaan BUMN memiliki bisnis perhotelan, Erick Thohir akan memperbaiki sistem bisnisnya agar kinerja bisa lebih baik lagi.

Berikut bisnis-bisnis perhotelan milik perusahaan BUMN:

Pegadaian

Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pinjaman ini memiliki hotel bintang 3 yang tersebar di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Hotel bernama Pesonna Hotel ini merupakan kerja sama dengan anak perusahaan PT Pesonna Indonesia Jaya dan dikembangkan pada 2015.

Hotel-hotel tersebut antara lain Pesonna Hotel Malioboro, Pesonna Hotel Tugu Jogjakarta, Pesonna Hotel Gresik, Pesonna Hotel Semarang, Pesonna Hotel Pekalongan, Pesonna Hotel Ampel Surabaya, Pesonna Hotel Tegal, Pesonna Hotel Pekanbaru dan Pesonna Hotel Makassar.

Garuda Indonesia

PT Aero Wisata, selaku anak perusahaan PT Garuda Indonesia juga menjalankan bisnis perhotelan. Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi udara ini memiliki sejumlah hotel berbintang 4 sampai 5 di Jawa, Bali dan Lombok.

Hotel-hotel tersebut antara lain Prama Grand Preanger Bandung, Asana Grove Yogyakarta, Asana Kawanua Jakarta, Asana Grand Pangrango Bogor, Prama Sanur Beach Bali, Kila Senggigi Beach Lombok dan Asana Nevada Ketapang.

Pertamina

PT Pertamina melalui anak perusahaan PT Patra Jasa menjalankan bisnis perhotelan mewah di Jawa dan Bali. Perusahaan yang bergerak di bidang gas dan minyak ini memiliki 6 hotel berbintang 4 dan 5.

Hotel hotel tersebut antara lain Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, Patra Comfort Parapat Lake Resort, dan The Patra Bali Resort and Villas.

PT Angkasa Pura Airport

PT Angkasa Pura Airport juga menjalankan bisnis perhotelan di sekitar area bandara. Hotel-hotel ini dikelola oleh Angkasa Pura Hotel.

Ada tiga hotel milik PT Angkasa Pura Airport, seperti Novotel Bali Airport, Ibis Budget Makassar Airport, dan Ibis Budget Surabaya Airport.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait