Detik Proklamasi, Polisi Hentikan Kendaraan Di Tengah Jalan

Pekanbaru, katakabar.com - Tepat pukul 10.15 wib hari ini, arus lalu lintas di wilayah jalan HR Soebrantas, Panam, Pekanbaru berhenti total. Lantaran Polsek Tampan sengaja hentikan arus lalu lintas untuk menghormati detik-detik proklamasi yang jatuh tepat di hari ini Senin (17/8).

Penghentian arus lalu lintas dalam upaya mengajak masyarakat menghormati detik-detik proklamasi itu berlangsung selama 3 menit. Dimana terdapat beberapa petugas yang melakukan sikap sempurna di tengah jalan HR Soebrantas tepatnya di depan Polsek Tampan.

Kapolsek Tampan,  Kompol Hotmartua Ambarita mengungkapkan sikap sempurna menghormati detik-detik proklamasi memang diberlakukan di seluruh jalan protokol di Pekanbaru.

“Kami dari kepolisan bersama-sama dengan TNI dan dinas kebakaran membuat kegiataan itu agar lebih dipahami masyarakat .Misalnya dengan menghadirkan kepolisian berbaju dinas dan berpakaian pejuang untuk mengingatkan masyarakat tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan serta selnjutnya membunyikan sirine dari kendaraan dinas secara serentak dan mengambil sikap sempurna selama 3 menit sebagai bentuk penghormatan detik-detik proklamasi," bebernya.

Ambarita menjelaskan, pihaknya juga memastikan kagiatan tersebut akan tetap berjalan sesuai protokoler kesehatan. Selain itu pihak kepolisian juga tetap menyiapkan jalur evakusi. Jalur ini dikhususkan bagi kendaraan yang sedang dalam keadaan emergency atau darurat. Seperti ambulance, dan sebagainya.

"Dengan kegiatan itu, diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa meningkatkan kesadaran atas perjuangan para pahlawan bangsa terdahulu," harapnya.

“Kita sebagai generasi penerus,harus tetap menanamkan semangat perjuangan dan senantiasa memupuk rasa cinta tanah air dalam bentuk membantu upaya pemerintah dalam membangun dan memajukan bangsa ini," tandasnya.

Editor : Anggi

Berita Terkait