Dewan Minta Perbaiki Jalan Rusak, Ini Penjelasan PUPR Pelalawan

Pelalawan, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan diminta responsif terhadap kerusakan infrastruktur jalan di 'Negeri Seiya Sekata'. Soalnya kerusakan jalan sering kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Lantaran jalan rusak itu pula, banyak korban kecelakaan mengalami luka ringan, luka berat bahkan meninggal dunia atau kehilangan nyawa.
 
Banyak laporan dari masyarakat, kita minta Pemkab Pelalawan lewat dinas terkait notabene Dinas PUPR Pelalawan. Responsif dengan kondisi jalan yang rusak di Pelalawan khususnya kecamatan Pangkalan Kerinc, ini yang dibutuhkan.

Untuk itu, dinas terkait harus segera melakukan perbaikan jalan rusak tersebut. Kita khawatir, kalau kerusakan infrastruktur jalan tidak segera diperbai, bakal terus memakan korban kecelakaan lalu lintas. Apalagi kendaraan berat setiap hari melintas perparah kerusakan jalan, fatal akibatnya, kalau tidak segera dilakukan perbaikan, kata Wakil Ketua Komisi II dari Partai PDI-P, Carles kepada katakabar.com, Kamis (3/12).

Terdapat beberapa titik kerusakan infrastruktur jalan, khususnya di Kota Pangkalan Kerinci, seperti Jalan Pemda, Jalan Sultan Syarif Hasyim, serta beberapa titik jalan lainnya di ibukota Pelalawan. Semua Jalan itu jalur padat kendaraan. Ditambah pula kerusakan Jalan ke RSUD Selasih dan Jalan BTN Lama.

"Tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, ada pasal dan penjelasan dimana penyelenggara jalan, hal ini pemerintah wajib segera memperbaiki kerusakan jalan sesuai klasifikasi jalan, seperti Jalan Negara, Jalan Provinsi, atau pun Jalan Kabupaten, selayaknya tidak dibiarkan jalan rusak semakin parah. Artinya, kalau memang belum ada anggaran untuk perbaikan, setidaknya ada rambu-rambu atau tanda adanya kerusakan jalan," jelas politisi partai besutan Megawati ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pelalawan, MD Rizal menimpali, pada tahun 2020 ini, pihaknya sudah mengalokasikan dana APBD sebesar Rp5 miliar untuk melakukan pembenahan infrastruktur Jalan Ibukota Kabupaten Pelalawan, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Tidak cuma itu, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH), pembuatan drainase serta normalisasi sungai bakal direncakan.

"Kami sudah merealisasikan perbaikan jalan yang rusak di sejumlah jalan mau pun Gang kota Pangkalan Kerinci, meski belum keseluruham. Kami targetkan seluruh jalan rusak bakal rampung dilakukan perbaikan hingga akhir pertengahan Desember 2020 mendatang," bebernya.

Kami sangat komit untuk mengejar kemajuan pembangunan Kabupaten Pelalawan bernama Negeri Amanah ini, salah satunya melakukan pembenahan dan perbaikan infrastruktur jalan khususnya di Kota Kecamatan Pangkalan Kerinci," sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait