Didukung UAS, Anak Bupati Pelalawan Dikalahkan Jagoan PDIP

Pekanbaru, Katakabar.com - Adi Sukemi anak Bupati Pelalawan saat ini HM Harris dikalahkan calon penantang Zukri Misran. Adi berpasangan dengan M Rais yang diusung partai Golkar itu sebelumnya didukung Ustaz Abdul Somad Batubara. Sedangkan Zukri Misran bersama wakilnya Nasaruddin diusung PDI Perjuangan dan sejumlah partai pendukung.

Di kubu penantang lainnya, ada Abu Mansyur Matriadi-Habibi Hapri, serta Husni Thamrin-T Edy Sabli. Peraihan suara mereka selisih jauh dari Zukri-Nasar.

Berdasarkan Sistem Rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum RI, hingga hari ini Selasa (15/12), paslon nomo urut 01, Abu Mansyur-Habibi meraih hanya 14.578 suara atau 12,6 persen. 

Lalu paslon nomor urut 02, Zukri Misran-Nasaruddin memperoleh 39,3 persen atau 45.389 suara. 

Sedangkan paslon nomor urut 03  Husni Thamrin-Edi Sabli meraih 26.295 syara atau 22,7 persen. Serta paslon nomor urut 04 Adi Sukemi-M Rais meraih 29.377 suara atau 25,4 persen. 

Dalam situs Sirekap KPU itu, suara masuk sudah 68,35 persen atau 581 TPS dari total 850 TPS. 

Zukri Misran dan Nasaruddin telah mendekalrasikan kemenangannya usai Pilkada dilaksanakan. Sedangkan dari kubu lain tjdak ada yang membuat deklarasi tandingan. Bahkan, Bupati Pelalawan HM Harris juga mengucapkan selamat atas kemenangan Zukri-Nasar.

Ketua Bapilu DPD PDI Perjuangan Riau, Syafaruddin Poti mengakui, partainya hanya menang di 3 daerah dalam Pilkada Serentak kali ini.

"Daerah yang menang, Pelalawan, Rokan Hulu dan Kepulauan Meranti," kata Poti.

Bahkan, partai Golkar yang mengusung Adi Sukemi dan M Rais juga mengakui kekalahannya di Pelalawan. 

"Inhu dan Kuansing (yang menang). Tapi beberapa daerah masih menghitung dari C1," ujar Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD I Partai Golkar Provinsi Riau Ikhsan.

Paslon Bupati Pelalawan Abu Mansyur Al Matridi dan Habibi Hapri diusung Partai Hanura, PAN dan PKS, mendapat nomor urut 1. 

Sementara itu, paslon Zukri Misran-Nasarudin diusung PDI Perjuangan, PKB dan PPP, mendapat nomor urut 2.

Sedangkan paslon Husni Thamrin -Tengku Edy Sabli diusung partai Gerindra dan Demokrat, mendapat nomor urut 3. Untuk nomor urut 4, diperoleh paslon Adi Sukemi-M Rais hanya diusung Partai Golkar.

Sebelumnya, UAS menjadi jurkam paslon  di sejumlah daerah Riau. Salah satunya dilihat dari video beredar, saat UAS memberi penjelasan alasan mendukung paslon pada Pilkada Pelalawan, Adi Sukemi dan M Rais.

"Saya Abdul Somad, mendukung Adi Sukemi-Rais. Bapak Adi Sukemi dan Bang Rais, begitu sebetulnya bunyinya, nomor 4. Saya mendukung karena ada 2 hal," kata UAS di video itu. Dia duduk berdampingan dengan kedua paslon, dan bersama Bupati Pelalawan HM Harris, ayah dari Adi Sukemi.

Menurut UAS, pertimbangan mendukung paslon tersebut, pertama, paslon mengusung konsep peningkatan SDM di Pelalawan. Selanjutnya konsep agamis yang dinilai tak bisa dipisahkan di Tanah Melayu. Tidak hanya sekedar SDM, tetapi agamis.

"Kita tahu Melayu tak bisa dipisahkan dari Islam. Kabupaten Pelalawan diambil dari nama kerajaan Melayu Islam. Saya memilih mereka karena saya punya hubungan dekat secara personal. Saya kenal pribadi mereka dengan baik. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini untuk mencari kebaikan masyarakat Pelalawan dan keridhoan Allah SWT," jelas UAS. 

 

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait