Kementerian PPPA Taja Sosialisasi 'RIRA'

Dinas PPPA Bengkalis Seru Pengurus FA Sosialisasi ke Masyarakat

Bengkalis, katakabar.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (PPHA), Fitrianita Eka Putri mengikuti sosialisi tentang "rumah ibadah ramah anak" yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual (zoom meeting), dari kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kecamatan Mandau di Jalan Hang Tuah Duri, pada Jumat (17/9) lalu.

Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (PPHA) Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis saat mengikuti acara sosialisasi "rumah ibadah ramah anak" secara virtual tidak sendirian, tapi didampingi Kasubagtu UPT PPPA, Eva, sejumlah pengurus Komisi Nasional Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis, Peni Wulandari dan Refri Amran Daud, tokoh agama, pembina, anak-anak PIK-R, Forum Anak serta para staf UPT PPPA.

Materi yang disampaikan Kementerian PPPA mengenai "rumah ibadah ramah anak", bukan berarti membuat rumah ibadah baru melainkan memanfaatkan yang sudah ada untuk pemenuhan hak anak dengan memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif, inovatif dan kreatif, ujar Kabid PPHA Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis, Fitrianita Eka Putri selepas acara sosialisasi secara virtual.

Untuk itu, dengan diikutinya sosialisasi "rumah ibadah ramah anak" ini diharapkan peran aktif seluruh pengurus dan  masyarakat, serta ikut mendorong segera terwujud di lingkungan tempat tinggal dan rumah ibadah masing-masing, imbaunya.

Pada kegiatan tersebut, Kabid PPHA Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis, Fitianita Eka Putri sempat berdiskusi dengan anak-anak dari Forum Anak Mandau soal peran serta mereka dalam mensosialisasikan pemenuhan anak ke teman sebaya.

Sekretaris Komnas PA Kabupaten Bengkalis, Peni Wulandari sambut baik gerak cepat yang dilakukan Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis lewat Kabid PPHA yang baru dilantik.

"Kita sambut baik dan positif gerak cepat yang dilakukan Kabid PPHA Dinas PPA Kabupaten Bengkalis," sebut Peni singkat.

Wakil Ketua Komnas PA Bengkalis, Refri Amran Daud mengaminkan pernyataan Kabid PPHA Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis. Memang semestinya kegiatan keagamaan di rumah ibadah yang melibatkan anak dilakukan dengan disiplin, positif, bahasa edukatif dan tidak provokatif, informasi yang layak anak, menyayangi sesama dan lingkungan, tegasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait