Dirjen IKMA, NTB Pilot Project Pengemmbangan Produk IKM

  • Reporter:
  • 04 Desember 2019, 08:58:52 WIB
  • Ekonomi

Jakarta, katakabar.com - Nusa Tenggara Barat menjadi pengembangan produk sektor IKM salah satu yang di dorong Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Mendorong sektor IKM di NBT biar lebih berdaya saing tingkat nasional hingga global.

Dasanya, ragam produk khasnya dinilai punya potensi yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan daerah setempat

Demikian dikatakan Dirjen IKMA Kemenperin RI, Gita Wibawaningsih saat pembukaam pameran Nuansa Tanpa Batas di Jakarta kemarin, lewat siaran pers yang di lansir dari Situs Resmi Kemenperin. Khas NTB meliputi, tenun khas NTB yang sangat bagus sekali. Produk tenun lainnya mesti kembangkan seperti, batik yang sudah cukup banyak diminati, ujarnya.

NTB kata Ganti, punya ragam motif tenun yang menarik. Tenun dari Sumbawa salah satunya. 

Pada Tahun depan, Kemenperin RI bakal menggelar  Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-motion). Nantinya, ragam produk dari tenun NTB bisa ditampilkan, imbaunya.

Produk unggulan lainnya dari NTB  punya potensi pasar cukup prospektif meliputi, mutiara dan pengolahan ikan tuna. 

“Jika industri ini bisa terus berlanjut, selaku pemerintah bakal memacu kualitas SDM serta memfasilitasi mesin dan peralatan yang dibutuhkan".

Masih Dirjen IKMA Kemenperin,  peran sektor IKM bakal terus di dorong agar dapat menopang sektor pariwisata di wilayahnya. 

“Kemenperin bekerja sama dengan pemerintah daerah seperti,  di Mandalika yang menjadi salah satu destinasi super prioritas", pungkasnya.

Dalam pada itu, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, ada Sepuluh Kabupaten dan Kota di NTB punya ciri khas yang menghasilkan tenunnya. Bahkan, Satu Kabupaten bisa Dua atau Tiga jenis tenunnya sehingga sangat beragam. Potensi ini yang mesti terus  dikembangkan, katanya.

Produk IKM asal NTB tambah Sitti, cukup kompetitif baik di pasar domestik mau pun untuk mengisi pasar ekspor.

Untuk itu, lewat pameran yang bakal di gelar IPEMI bekerjasama dengan Kemenperin mudah mudahan dapat memperkenalkan produk NTB. Harapannya, bisa berdampak dan berimbas positif kepada perekonomian daerah.

Editor : Sahdan

Berita Terkait