'Disdikbud Siak Bedelau' Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Covid-19

Siak, katakabar.com - Bupati Siak Alfedri mengapresiasi diluncurkannya Channel Disdikbud Siak Bedelau di Youtube. Menurutnya metode itu sudah tepat dilakukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Atas nama Pemkab Siak, saya sangat mengapresiasi terobosan dan inovasi yang dibikin oleh dinas ini yang bekerjasama dengan Tanoto Foundation" kata Alfedri, Kamis.

Ia sampaikan pembelajaran dering dinilai sejalan dengan salah satu visi Kabupaten Siak yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Siak yang cerdas dan sejalan dengan program Siak Menuju 100 kabupaten/kota Smart City di Indonesia.

Oleh karena itu, program ini akan mejadi program berkelanjutan baik dalam kondisi sekarang dan masa yang akan datang. Pemkab Siak akan terus mendorong metoda belajar secara virtual ini agar bisa berjalan dengan baik.

"Kita mendorong agar chanel youtube tersebut bisa berkembang. Dengan diluncurkannya program ini, sekaligus diharapkan dapat menjawab tantangan pendidikan saat ini," kata dia.

Apalagi, kata Alfedri, sejak merebaknya wabah corona di Indonesia, Pemkab Siak pada pertengahan Maret 2020 lalu, telah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sekolah, namun kebijakan tersebut harus dipahami dan diketahui oleh masyarakat, mengingat kebijakan libur sekolah yang dibuatnya itu tentunya sistem proses belajar mengajar tetap berjalan (belajar dirumah).

Untuk itu Disdikbud Siak Bedelau tersebut merupakan solusi cerdas dalam memberikan pembelajaran kepada para tenaga didik maupun peserta didik di tengah kondisi Siak menghadapi wabah Corona atau Covid-19.   

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak Lukman, menambahkan, tujuan chanel Disdikbud Siak Bedelau ini dibikin untuk menyikapi proses belajar mengajar dimasa wabah Covid-19. 

"Ini adalah jawaban kerisauan dari rekan-rekan guru, orang tua murid maupun murid itu sendiri yang telah lama tidak bertatap muka dalam proses belajar dan mengajar," kata dia. 

Lukman menjelaskan, pola pembelajaran di channel youtube Disdikbud Siak Bedelau dengan cara menunjuk guru yang kompeten sesuai kelas untuk SD/MI dan sesuai mata pelajaran untuk SMP/MTs. 

Kemudian, guru yang ditunjuk akan mengajar secara live dan akan disaksikan atau diikuti oleh guru-guru dan peserta didik yang lain se Kabupaten Siak. 

"Hal ini dilakukan untuk menjawab permasalahan bagi guru-guru yang masih lemah dengan teknologi dan juga masih lemah mendesign pembelajaran berbasis teknologi," kata dia.

Lanjutnya, saat ini telah dilakukan Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/MTs setiap mata pelajaran (mapel) secara dalam jaringan (daring) , untuk membantu guru memahami pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi. Memotivasi guru untuk mengubah mindset terhadap pola belajar dan mengajar di saat wabah Covid-19 ini.

"InsyaAllah akan dilakukan tindak lanjut MGMP Virtual berbasis rayon atau kecamatan. Begitu juga akan menyusul KKG Virtual untuk guru2 di SD/MI" ujarnya. 

Jika wabah Covid-19 ini masih berlangsung maka pembelajaran daring melalui channel youtube Disdikbud Siak Bedelau akan di mulai di awal Tahun Pelajaran 2020/2021 (bulan Juli 2020).

Sementara lanjut dia, bagi orangtua atau peserta didik yg tidak punya fasilitas HP maka akan dilakukan pembelajaran luring (luar jaringan) dengan cara menentukan portal-portal atau tempat bagi anak-anak mengambil materi atau tugas. Nanti akan disiapkan modul bagi peserta didik yang tidak bisa melaksanakan pembelajaran daring.

Editor : Sahril

Berita Terkait