Disparbudpora Taja Liga Pelajar Dari Pulau Wisata, Ini Pesan Bupati Bengkalis

Rupat Utara, katakabar.com - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis taja kejuaraan sepak bola tingkat pelajar se Kabupaten Bengkalis di kawasan destinasi wisata Rupat Utara, pada Jumat (19/11) kemarin siang.

Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni yang buka secara resmi liga pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, ditandai penyerahan bola secara simbolis kepada Wasit Lisensi C1 Nasional yang pernah memimpin Liga 2 Nasional, Elit Pro Academy (EPA) Tahun 2019 dan 2021, Lukmanul Hakim, di lapangan Bola Kaki Stadion Mini Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan, Kepala Disparbudpora, Edi Sakura, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Alfakhrurrazi, serta Ketua Koni Kabupaten Bengkalis, Darma Firdaus Sitompul, turut saksikan penyerahan secara simbolis sikulit bundar kepada Wasit Lisensi C1 Nasional.

Selain itu, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Rupat Utara, Agus Sofyan, Camat Rupat, Muhammad Rusydy, Camat Talang Muandau, Nasrizal, dan Para Wasit dan official turut di sana.

Selamat datang dan selamat berkompetisi kepada seluruh atlet dan tim sepakbola tingkat pelajar se Kabupaten Bengkalis, kata Bupati Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya.

"Mari jadikan kejuaraan ini, sebagai momentum yang tepat bagi adik-adik pelajar sebagai sarana untuk menampilkan bakat, skill dan kerja sama tim sepak bolanya, guna meraih prestasi, endingnya melahirkan atlet sepak bola yang potensial dengan sportivitas tinggi," serunya.

Salah satu tujuan pembangunan nasional lanjut mantan Camat Pinggir ini, sebagai peningkatan kualitas sumber daya manusia, meliputi kualitas mental dan fisik. Semua itu dapat terwujud, melalui olahraga.

Dari olahraga, kita dapat membentuk watak dan keperibadian disiplin, serta sportivitas tinggi. Olahraga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan tidak pula dapat dipisahkan dari pembangunan bangsa dan daerah. 

“Untuk tercapainya visi kita mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera, pengelolaan potensi sumber daya manusia yang efektif. Misi yang terus kita jalankan salah satunya peningkatan SDM lewar pembangunan olahraga sejak dini. Harapan ke depan, kita memiliki generasi masa depan yang sehat secara jasmani dan rohani,” jelasnya.

Kejuaraan yang diikuti 11 Kecamatan tim sepak bola pelajar se Kabupaten Bengkalis ini mesti benar-benar menjadi wahana untuk mencapai tujuan-tujuan yang baik, tujuan untuk memperkuat karakter bangsa, tujuan untuk meningkatkan persatuan dan persaudaraan, tujuan untuk membentuk generasi Kabupaten Bengkalis yang sehat, unggul dan tangguh, serta untuk meningkatkan prestasi olahraga sepak bola di Kabupaten Bengkalis.

Ini sesuatu yang bernilai strategis, selain untuk menunjang tingkat kunjungan pariwisata di kawasan strategis pariwisata nasional ini. Kita berharap, lewat kejuaraan ini lahir bibit unggul daerah dari cabang olahraga sepak bola. 

Kepada KONI, PSSI, Disparbudpora, serta pihak-pihak terkait lainnya, manfaatkan event kejuaraan sepak bola tingkat pelajar ini, sebagai sarana untuk menseleksi atau memilih pemain-pemain terbaik. Untuk dibina secara khusus, biar ke depan Kabupaten Bengkalis punya tim sepak bola tingkat pelajar yang solid, hebat dan berprestasi pada berbagai even dan level sepakbola tingkat pelajar, sebutnya.

Kadisparbudpora Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura menimpali, turnamen ini ditujukan memilih olahragawan berbakat untuk dibina dalam jangka panjang sekaligus menjaring atlet pelajar bakal dipersiapkan untuk mengikuti POPDA Provinsi Riau 2022 mendatang.

"Peserta kegiatan ini adalah siswa SD, SMP dan SMA, masing-masing kecamatan mengutus 15 orang pemain, 22 orang pelatih dan melibatkan 10 orang wasit," ulasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait