Donald Trump Lega Kim Jong Un Nongol Lagi

Katakabar.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya memberikan komentar terkait kemunculan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Dalam cuiatan, Sabtu (2/5), ia mengaku "lega" Kim Jong Un tampak sehat dan kembali muncul ke publik.

"Aku, tentu sangat senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja!" sebut Trump dalam cuitannya.

Pernyataan ini dicuitkan Trump setelah Kim kembali tampil ke publik untuk pertama kali setelah hampir tiga minggu menghilang.

Saat ia menghilang, muncul spekulasi kuat bahwa ia sakit parah atau mungkin telah meninggal.

Pada Jumat (1/5), televisi pemerintah Korea Utara memperlihatkan Kim berjalan, tersenyum lebar, dan mengisap sebatang rokok.

Saat itu, ia disebutkan tengah melakukan pembukaan pabrik pupuk pada Jumat di Sunchon, utara Pyongyang.

Rumor tentang kesehatan Kim telah ramai dibicarakan sejak ia tak muncul pada perayaan ulang tahun kakeknya, 15 April lalu.

Kakek Kim itu adalah pendiri Korea Utara. Sehinga, hari itu adalah hari terpenting dalam kalender politik negara itu.

Ketidakhadiran Kim di acara penting itu lantas memicu serangkaian rumor panas dan laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kondisinya.

Hilangnya Kim dari pandangan publik juga terjadi bersamaan dengan terhentinya pembicaraan Pyongyang dengan Washington mengenai persenjataan nuklir negara itu.

Meski demikian, masih dijadwalkan tiga pertemuan lagi antara Kim dan Trump. Jika kabar Kim sakit atau meninggal benar, hal ini akan membuat ketidakpastian pembicaraan nuklir itu semakin tinggi.

Dikutip CNN Indonesia, sebelumnya, Trump menampik soal laporan kesehatan Kim yang buruk dan kemungkinan ia telah meninggal.

Trump pun sempat menolak berkomentar soal kemunculan kembali Kim Jong Un ke muka publik dan menyebut akan menghabiskan akhir pekan dengan pergi ke Camp David untuk bekerja.

Editor : Anggi

Berita Terkait