DPMD Pelalawan Gandeng Kejari Penyuluhan Hukum

Pelalawan, katakabar.com Untuk mewujudkan Desa Bebas Korupsi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan Gelar kegiatan Pemaparan Penerangan Hukum, Kegiatan ini pihak DPMD mendatangkan Kejaksaan Negeri Pelalawan sebagai narasumber.

Acara digelar di aula DPMD Selasa, (28/7) yang dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan, Nophy T Suoth, Kasi Intel Kejari Pelalawan, Sumriadi, Kasi Datun dan beberapa Pegawai dari Kejaksaan Negeri Pelalawan.

Serta Kepala Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Pangkalan Kerinci, Deni Pane, kepala dinas PMD Pelalawan, Zamur Das, kepala desa di 3 kecamatan.

Dikatakan Sumriadi, Kasie Intel Kejari, Pemamparan faktor terjadinya korupsi, yaitu Kesempatan, keserakahan, kebutuhan, pengungkapan yang tidak transparansi, ada bagian yang bertanggung jawab yakni keuangan yang transparansi.

Monopoli untuk mencari keuntungan pribadi, kekuasaan yang disalahgunakan. Keserakahan dapat menyebabkan lupa diri sehingga melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Memiliki pendamping yang menguasai. Profesional disertai Integritas, tidak mau melaksanakan yang bertentangan dengan hukum.

Tepat guna, sasaran, dan tidak mubazir. Perlu diadakan pengawasan, serta pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab.

Sementara, pada kesempatan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkalan Kerinci, Deni Pane menyampaikan pentingnya mengikuti kepesertaan BPJS Naker guna untuk pengalihan resiko dari peserta ke BP Jamsostek.

"Kaitannya dengan desa adalah bahwa di desa itu telah banyak perangkat maupun tenaga kerja baik sukarelawan yang belum di ikuserta sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jadi lewat kegiatan seperti ini kita sosialisasikan mengenai program BJ Jamsostek,” ujarnya

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait