Eks Ketua RT Dukung Pemekaran, Ini Solusi Pemerintah Dekat Dengan Warga

Duri, katakabar.com - Pemekaran kelurahan dan kecamatan di wilayah daratan Kabupaten Bengkalis, terutama Kecamatan Mandau, Duri Provinsi Riau sudah puluhan tahun lamanya didambakan masyarakat.

Bak 'pungguk merindukan bulan', artinya membayangkan atau menghayalkan sesuatu yang tidak mungkin, dari tahun ke tahun, Pemilu ke Pemilu dan Pilkada ke Pilkada bahkan Pilpres ke Pilpres, pemimpin berganti, wacana pemekaran kelurahan dan kecamatan Mandau cuma cerita bumbu di 'meja makan'.

Bila dilihat dari luas wilayah dan kepadatan penduduk, Kecamatan Mandau sentral 'Kota Duri' sudah sangat layak untuk dimekarkan. Dari data total pemilih pada Pilkada serentak Kabupaten Bengkalis tahun 2020 lalu, pemilih di Kecamatan Mandau sudah mencapai seratus ribu lebih.

Dalam dunia politik pemekaran kelurahan dan kecamatan Mandau, sebenarnya mungkin, dan tidak ada yang tak mungkin, sebab pemekaran bagian dari deal-deal dan lobi-lobi politik.

Hal itu, tergantung kemauan dan niat. Tapi itu tidak cukup, meski ada aksi baru ada reaksi. Para Ketua RT RW, Lurah dan Camat mesti bergerak usulkan pemekaran tersebut.

Pemekaran bakal mendekatkan Pemerintah dengan warganya. Adanya isu tentang pemekaran kelurahan Air Jamban, kami sebagai warga bahkan mantan Ketua RT 01 RW 12, sudah puluhan tahun menjadi Ketua RT, dan pada tahun 2021 ini sudah tak jadi Ketua RT lagi disebabkan adanya regenerasi.

'Kalau kami melihat pemekaran itu sudah harus dilaksanakan, sebab mengacu pada azas kepatutan dan kewajaran, seperti jumlah penduduk, luas wilayah dan lainnya, tentang masalah dukungan sudah pasti masyarakat sangat mendukung," kata mantan Ketua RT 01, Refri Amran kepada katakabar.com lewat pesan singkat WhatsApp, pada Rabu (31/3).

Kata Refri, masyarakat tang tahu bagaimana jauhnya jarak tempuh dari dan ke kantor kelurahan.

Selain itu, setiap Pemilu, kelurahan Air Jamban mempunyai Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak, totalnya dgn 98 TPS.

"Pemekaran kelurahan Air Jamban sangat ditunggu masyarakat, mudah-mudahan impian masyarakat jadi nyata demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan," imbuhnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait