Fintech Jack Ma Catat Kenaikan Laba 1.000 Persen Jelang IPO

Katakabar.com - Perusahaan financial technology (fintech) yang terafiliasi dengan Alibaba, Ant Group memberikan laporan keuangan pertamanya menjelang penawaran umum perdana (IPO) pada Selasa (25/8). Perusahaan yang masih dikendalikan Jack Ma tersebut mencatat kenaikan laba hingga 1.000 persen.

Dikutip dari CNBC, Ant Group melaporkan laba USD 3,2 miliar atau Rp 46,7 triliun dari total pendapatan USD 10,4 miliar atau Rp 152 triliun pada semester pertama. Angka ini naik 1.000 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar USD 275 juta atau Rp 4 miliar.

Pendapatan perusahaan juga naik secara signifikan, sekitar 38 persen dari USD 7,6 miliar atau Rp 111,2 triliun yang dibuat perusahaan pada paruh pertama tahun 2019.

Ant Group sebelumnya dikenal sebagai Ant Financial. Perusahaan anak Alibaba ini berencana untuk melakukan pencatatan secara bersamaan di bursa saham Hong Kong dan pasar STAR bursa Shanghai, yang merupakan dewan teknologi bergaya Nasdaq.

Perusahaan belum mengungkapkan detail soal harga sahamnya. Tetapi seorang analis sebelumnya mengatakan kepada CNBC bahwa penilaian pasarnya bisa mencapai USD 200 miliar atau Rp 2,9 triliun yang membuatnya lebih besar dari beberapa bank terbesar di Amerika.

Sebelumnya, Ant mengatakan bahwa ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan China dapat berdampak negatif pada bisnisnya. Dua ekonomi terbesar dunia telah lama terlibat dalam perselisihan perdagangan dan teknologi.

"Pembatasan tersebut secara material merugikan dan mempengaruhi kemampuan kami untuk atau menggunakan teknologi, sistem, perangkat, atau komponen yang mungkin penting bagi infrastruktur teknologi," kata Ant.

"Selain itu, kebijakan dan tindakan yang diarahkan pada perusahaan China dapat berdampak membuat orang AS enggan bekerja di perusahaan China, sehingga dapat mengurangi kemampuan kami untuk mempekerjakan atau mempertahankan personel yang memenuhi syarat untuk bekerja di bisnis kami," tambahnya.

Merdeka.com

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait