Gerakan Jaga Kampung Upaya Polda Riau Dukung Ketahanan Pangan

Pekanbaru, katakabar.com - Berlokasi di Mako SPN yang beroperasi di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi melounching Gerakan Jaga Kampung Polda Riau.

Program ini diluncurkan bersamaan dengan launchingnya Program Kampung Tangguh Nusantara TNI-Polri secara virtual, yang dipimpin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, pada Kamis pagi (9/7).

Program ini diluncurkan setelah program Kampung Tangguh Nusantara diluncurkan secara virtual dari Kabupaten Tangerang Banten dan  diikuti oleh seluruh jajaran Polda se Indonesia.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi mengatakan Gerakan Jaga Kampung Polda Riau ini merupakan penjabaran Program Kampung Tangguh Nusantara, kegiatan ini telah dilaksanakan di 12 polres se Riau.

"Program ini diharapkan tidak berhenti disini saja namun akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan, agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat," ungkap Agung.

Agung juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada mitra pendamping dari pihak swasta, yang telah bersedia bekerjasama dan memberikan dukungan atas jalannya program.

Sebagai komitmen bentuk dukungan terhadap Gerakan Jaga Kampung Polda Riau, Perwakilan PT Indojaya Agrinusa yang diwakili Anwar Tandiono, membacakan komitmen perusahaan dalam hal kerjasama pembelian jagung hasil produksi dari Gerakan Jaga Kampung Polda Riau ini nantinya sesuai harga pasar.

Wakil Gubernur Riau H Edi Afrizal Natar Nasution SIP mengatakan Pemprov Riau sangat apresiasi dengan terlaksananya Gerakan Jaga Kampung Polda Riau.

"Kegiatan ini juga menunjukkan terbangunnya soliditas yang sangat baik antara TNI-Polri sebagai jaminan rasa aman bagi masyarakat," jelas Edi Natar.

Gerakan ini juga dinilai bisa membangkitkan kondisi perekonomian masyarakat ditengah masa sulit saat Pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ketahanan pangan ini akan memperkuat ketahanan nasional kita, kalau masyarakat kita tercukupi kebutuhannya, maka tidak akan mudah digoyahkan”, terang mantan Danrem ini.

Sedangkan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH dalam kesempatannya ikut memberikan apresiasi. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan perekonomiannya," bebernya.

Dalam gelaran itu, Agung menyerahkan bantuan sosial berupa bibit jagung, jeruk, sayuran dan benih ikan kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta bantuan 50 paket sembako dan alat pertanian ringan berupa hand aprayer kepada kelompok tani Desa Kualu Nenas.

Usai penyerahan bansos dan penyemaian bibit jagung oleh Kapolda Riau, Wakil Gubernur Riau, Danlanud Roesmin Nurjadin, Bupati Kampar dan para Pejabat lainnya, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan sebanyak 5000 ekor di kolam ikan di kawasan SPN Polda Riau.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Kajati, Pejabat Utama Polda Riau, Ketua LAM Riau Al Azhar, Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Aidil Amin, Ketua DPRD Kampar.

Kepala Dinas Pangan Tanam Pangan dan Holtikultura, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Vice Presiden PT Indojaya Agrinusa serta undangan lainnya.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait