Gubernur Riau : Pelabuhan Roro Hubungkan Indonesia Thailand dan Malaysia

Pekanbaru, Katakabar.com - Gubernur Riau Syamsuar bersama Anggota DPR RI Syahrul Aidi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokompimda) Riau melakukan peninjauan ke pelabuhan Roro Dumai-Malaka, Sabtu (4/7/2020).

Dalam peninjauan Ini, Gubernur Riau menjelaskan sisi pelabuhan yang menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi Riau khususnya di bawah Dinas Perhubungan.

"Dengan melihat secara langsung Forkopimda Riau dan DPRD Riau serta Anggota Komisi V DPR RI diharapkan mendukung program pembangunan, terutama ingin menyampaikan rencana kita ke depan dan merupakan program Presiden RI yang menghubungkan Thailand, Indonesia dan Malaysia. Hal ini sudah beberapa kali saat rapat baik Indonesia dan Malaysia, terakhir di Dumai," ujar Syamsuar.

Syamsuar menjelaskan belum ada tindak lanjut lagi pembahasan ini karena masih sibuk mengurusi Penanganan Covid-19 di Riau dan pencegahan Karhutla di Riau.

Dia mengatakan, pada kesempatan yang ada sekarang ini, bersama anggota DPR RI komisi V Syahrul Aidi, DPRD Riau dan Forkopimda Riau, pihaknya menjelaskan apa yang sudah dikerjakan dari Pemprov Riau sejak ditetapkannya Roro international dari Roro Dumai-Malaka.

“Tentunya kiranya dapat dilanjutkan ke Komisi V didukung Bapak Syahrul Aidi yang membahas kerjasama Indonesia Malaysia dan Thailand. Sekaligus kesiapan apa yang sudah dibahas termasuk progresnya," terangnya.

Sementara itu Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi menjelaskan, apa yang disampaikan gubernur mengenai Kota Dumai dan Provinsi Riau sudah dikomunikasikan dengan Kementrian Perhubungan khususnya kebutuhan Roro Dumai-Malaka.

"Karena ini sangat strategis membuka ruang sangat besar bagi Indonesia khususnya Riau. Konektifitas Indonesia Malaysia dan Thailand melalui Dumai akan memberi efek besar bagi masyarakat. Tentu saya akan mendorong Kementerian terkait mengalokasikan anggaran mendukung terpenuhinya infrastruktur ini,” jelasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait