Gubernur Riau: Buka Lahan Jangan Dibakar, Saya Bantu Excavator

Pekanbaru, Katakabar.com - Gubernur Riau Syamsuar menyiapkan alat berat Excavator milik pemerintah untuk masyarakat yang ingin membuka lahan. Itu dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Buka lahan jangan dengan cara membakar. Kami siapkan dan bantu excavator untuk petani. Semoga dengan ini dapat membantu masyarakat kita yang ingin mengelola lahannya. Kami juga terbantu dalam mengatasi karhutla," ujar Syamsuar, Kamis (4/3).

Menurut Syamsuar, salah satu solusi yang diberikan pemerintah, yakni jangan mengolah lahan dengan cara membakar.

Alat pertanian berupa excavator itu, saat ini ditempatkan di enam UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau.

Syamsuar mengimbau, bagi masyarakat yang ingin membuka lahan agar menghubungi Dinas PUPR Provinsi Riau. Pihaknya sudah membahas agar excavator milik Pemprov Riau ini bisa membantu masyarakat yang ingin mengelola lahan.

"Sekarang pemerintah sudah menyiapkan excavator itu. Kita melarang membuka lahan dengan cara membakar. Kan sufah ada solusinya yakni dengan menggunakan excavator milik Pemprov Riau," jelasnya.

Kabid Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gafur mengatakan, kebakaran hutan dan lahan di Riau semakin meluas. 

Itu tercatat sejak awal Januari hingga awal Maret 2021, total luas lahan terbakar di Riau mencapai 492,56 hektar.

"Total luas lahan terbakar di Riau tercatat sudah 492,56 hektar," kata Jim.

Petugas gabungan di sejumlah daerah masih berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan di 19 titik karhutla.

Tim satgas itu terdiri dari TNI/Polri, Manggala Agni, MPA (masyarakat peduli api) dan juga personel BPBD juga sedang melakukan pemadaman dan pendinginan.

"Ada 19 titik karhutla, yaitu tujuh titik di Bengkalis, masing-masing tiga titik di Dumai dan Indragiri Hilir, empat titik di Kepulauan Meranti, serta masing-masing satu titik di Indragiri Hulu dan Rokan Hilir," jelasnya.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait