Gubernur Riau Sesalkan Ada Ustaz Ceramah Sebut Covid-19 Rekayasa

Pekanbaru, Elaeis.com - Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, ada seorang ustaz yang berceramah di dekat kediamannya dan menyebutkan Covid-19 merupakan rekayasa Yahudi Israel. Syamsuar menyesalkan isi ceramah ustaz tersebut.

"Saya mendapatkan laporan di sebuah masjid Pekanbaru masih ada ustadz-ustadz yang ceramahnya menyampaikan Covid-19 rekayasa dan kerjaan Yahudi, Israel. Padahal di Israel juga ada dan banyak kasus Covid-19," kata Syamsuar, Senin (19/4).

Syamsuar menyatakan usai saat rapat koordinasi terkait perkembangan COVID-19 bersama seluruh kepala daerah, kepolisian, kejaksaan dan dinas terkait. Rapat koordinasi dilakukan di gedung daerah Balai Serindit Pekanbaru.

"Harusnya ceramah itu isinya menyejukkan, bukan provokasi," kata Syamsuar.

Syamsuar meminta protokol kesehatan di tempat ibadah untuk diperketat. Pengetatan protokol kesehatan ketat itu, karena dia mendapat laporan ada ustadz yang ceramahnya tak benar. Ceramah dilakukan di salah satu masjid tidak jauh dari rumah Syamsuar.

"Itu ceramah yang tidak benar, sehingga masyarakat menilai Covid-19 sudah hilang," sesal Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, ceramah itu disampaikan ustaz tersebut pada Rabu (14/4) pekan lalu. Dari pembelajaran itu, Syamsuar meminta ustaz untuk tidak ceramah dengan materi pembohongan.

"Ada jemaah mengingatkan jangan ceramah itu, tapi ini masih ada di Pekanbaru. entunya harus diwaspadai agar memberi pencerahan bagi ceramah tidak benar. Nanti kita MUI dan kepala daerah untuk melakukan pengawasan," jelasnya.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait