Harga Gula di Siak Tembus Rp20 Ribu per Kilogram

Siak, katakabar.com - Harga gula pasir yang dijual pedagang eceran di Kabupaten Siak, Riau, kini sudah mencapai Rp20 ribu per kilogram. Pemicunya, pasokan stok mulai berkurang. 

"Sejak pandemi Covid-19 di Indonesia, pasokan gula memang mulai berkurang. Maka itu harga gula pasir di Siak melonjak terus hingga tembus ke angga Rp20 ribu/kg," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Siak, Hendra kepada katakabar.com, Selasa (14/4).

Menurut Hendra, harga gula pasir dalam dua bulan terkahir memang terus melonjak dan belum pernah turun. Namun harga yang dijual pedagang di pasaran masih bervariasi.

"Ada yang jual masih di harga Rp18 ribu/kg. Tapi tak sedikit pula yang menjual dengan harga Rp20 ribu per kilogramnya," kata dia.

Hendra memastikan, kenaikan harga gula pasir itu tidak ada kaitannya dengan jelang bulan Puasa Ramadan 2020. Melainkan, karena wabah virus Corona yang tengah menghantui Indonesia saat ini. 

"Tak ada kaitannya karena jelang Puasa. Sebab, setiap hari kita kontrol perkembangan bahan pokok di Siak, mana yang harganya naik dan mana bahan pokok yang langka. Hasil pendataan kita karena pasokan berkurang karena Covid-19," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait