Harga Komoditi Perkebunan Tak Stabil, Begini Penjelasannya

Pekanbaru, katakabar.com - Harga Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB), yang ada di Kabupaten dan Kota Provinsi Riau yang menjadi sumber data pada pekan ini, tidak mengalami kenaikan.

Kepala dinas perkebunan Riau, Zulfadli menjelaskan, untuk harga Bokar tingkat petani di Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp10.551, per kilogram mengalami penurunan harga sebesar Rp695 dari pekan lalu.

Untuk di tingkat petani Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp11.100, per kilogram tidak mengalami kenaikan harga, sebab harga pekan ini masih sama dengan harga pekan lalu.

"Sedangkan untuk tingkat petani di Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp12.400, per kilogram mengalami kenaikan harga dari pekan lalu sebesar Rp42 per kilogram. Di Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp10.900 per kilogram mengalami kenaikan harga dari minggu lalu sebesar Rp200," ulasnya pada Senin (2/8) kemarin. 

Masih Zulfadli, untuk harga bokar ditingkat pabrik pekan ni sebesar Rp21.800 mengalami kenaikan harga sebesar Rp200,- dari harga minggu lalu.

"Dinas Perkebunan Provinsi Riau selalu  berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat, lewat upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) sehingga mutu hasil karet rakyat  menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," ujarnya.

Untuk harga untuk produk komoditi perkebunan lainnya di Provinsi Riau, seperti kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp4.167 per kilogram tidak mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu.

"Harga kopra mutu kering seratus persen di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp6.850 per kilogram tidak mengalami kenaikan lantaran harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu," bebernya. 

Harga tepung sagu basah sebesar Rp3.08 per kilogram di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami kenaikan sebab harga sebesar Rp16, per kilogram dari minggu lalu.

Terus, harga pinang kering seratus persen di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp17.20 per kilogram mengalami kenaikan dari minggu lalu sebesar Rp10 per kilogram," tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait