Hasrat Suyatno di Lintas Pesisir

  • Reporter:
  • 29 November 2017, 17:50:00 WIB
  • Advertorial

Rokan Hilir (katakabar) - Belakangan Bupati Rokan Hili, Suyatno lebih getol bertandang ke kawasan pesisir wilayahnya.  

Maklum, dia sedang menggeber gimana caranya supaya jalan lintas pesisir sepanjang 155 kilometer yang menghubungkan Kecamatan Pasirlimau Kapas hingga ke Sinaboi itu bisa segera lancar dilewati masyarakat. 

Sebab jika pembangunan jalan itu sudah rampung, dipastikan akses orang yang ada di kawasan Kecamatan Pasirlimau Kapas-Kecamatan Kubu-Kecamatan Pekaitan-Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi sudah gampang.

Misalnya orang dari Kubu yang mau ke Bagan Siapiapi cuma butuh waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Ini pula untungnya setelah jembatan Pedamaran ada. 

Dulu, sebelum jembatan Pedamaran I dan II ada,  masyarakat yang mau ke Kubu musti melewati jalan Simpang Poros di Kecamatan Rimbamelintang. Untuk menuntaskan perjalanan ini, masyarakat harus menghabiskan waktu 3-3,5 jam. 

Nah, lagi-lagi kalau jalan lintas pesisir itu rampung, orang Pasirlimau Kapas tak perlu lagi datang ke kecamatan pakai perahu seperti yang sudah-sudah. 

Sebetulnya, jalur lintas pesisir yang 155 kilometer tadi dibagi empat; Panipahan-Kecamatan Pasirlimau Kapas-Teluk Piyai-Kecamatan Kubu sepanjang 60 kilometer. Teluk Piyai-Kecamatan Kubu-Pedamaran Kecamatan Pekaitan 23 kilometer. 

Lalu Pedamaran Kecamatan Pekaitan-Kota Bagansiapi-api Kecamatan Bangko 17 kilometer dan Kota Bagansiapi-api Kecamatan Bangko-Sinaboi Kecamatan Sinaboi hingga batas Dumai 55 kilometer.

"Kuncinya jalan lintas ini tadi. Kalau sudah rampung, saya yakin kehidupan masyarakat di sepanjang jalur lintas ini akan segera berubah," kata Suyatno. 

Sangking pentingnya jalur lintas pesisir tadi, walau kondisi duit Pemkab Rohil sedang seret, Suyatno tak mau proyek jalan itu mangkrak. 

Selain menyisihkan duit APBD Rohil, Suyatno juga berusaha melakukan pendekatan ke Pemprov Riau. Hasilnya, Pemprov Riau kemudian mengucurkan duit Rp142 miliar untuk membantu pembangunan jalan itu. 
 

Editor : Aziz

Berita Terkait