Indra Sjafri dan Shin Tae Yong Memanas

Katakabar.com - Koneksi Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dengan pelatih Timnas Indonesian Shin Tae Yong makin merenggang. Itu setelah adanya tudingan berbohong dari pelatih asal Sumatera Barat itu kepada Yong. Berikut kronologi memanasnya hubungan Indra Sjafri dengan Shin Tae Yong.

Indra Sjafri yang awalnya menjadi staf pelatih Timnas Indonesia di bawah Shin Tae Yong dirumorkan didepak pelatih asal Korea Selatan itu pada Februari lalu.

Selain itu, baru-baru ini lewat media asal Korea Selatan, Naver Sport, Shin Tae Yong mengaku bingung dengan penunjukkan satu pelatih lokal di dalam struktur kepelatihan Timnas Indonesia U-19.

Berikut kronologi perselisihan Shin Tae Yong dengan Indra Sjafri:

1. Indra Sjafri Bertemu Shin Tae Yong

Indra Sjafri bertemu dengan Shin Tae Yong di Hotel Mulia Jakarta pada akhir Desember. Dalam kesempatan itu PSSI meminta Indra mendampingi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia.

Penunjukan tersebut merupakan syarat dalam kontrak, di mana harus ada pelatih lokal di Timnas Indonesia agar bisa transformasi ilmu kepelatihan.

Indra mengklaim Shin Tae Yong setuju dirinya berada di Timnas Indonesia. Bahkan Shin Tae Yong juga setuju Nova Arianto di Timnas Indonesia.

2. Shin Tae Yong Resmi Latih Timnas Indonesia

PSSI secara resmi memperkenalkan Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019. Dalam perkenalan itu, Shin Tae Yong didampingi Indra Sjafri.

3. Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19

Bersama Indra Sjafri dan Nova Arianto, Shin Tae Yong, Gong Oh Kyun dan tiga pelatih lain dari Korea Selatan memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang diikuti 52 pemain di Cikarang pada 13 Januari 2020.

4. Indra Hadiri Resepsi Pernikahan

Saat pulang dari Thailand pada 1 Februari 2020, Indra Sjafri meminta izin kepada staf Timnas Indonesia meninggalkan tim lebih dahulu karena akan menghadiri resepsi pernikahan putri Rahmad Darmawan, Febia Aldina Darmawan.

Indra Sjafri sempat menunggu Shin Tae Yong menyelesaikan proses administrasi. Menurut Indra, saat ditunggu itu Shin Tae Yong tidak kunjung keluar. Indra lalu meminta izin kepada dua staf Timnas Indonesia pergi ke resepsi putri Rahmad Darmawan.

Shin Tae Yong memimpin rapat evaluasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kantor PSSI pada 3 Februari 2020. Indra yang tahu Shin Tae Yong marah karena menghadiri resepsi putri Rahmad Darmawan meminta maaf kepada eks pelatih timnas Korsel itu.

Tetapi, Shin Tae Yong menegaskan Indra Sjafri tidak boleh hadir dalam rapat tersebut. Mantan pelatih Bali United itu juga dicoret dari susunan tim dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia senior di Jakarta.

6. Indra Sjafri Puji Shin Tae Yong

Meski pernah diusir, namun Indra Sjafri tetap memuji Shin Tae Yong saat pelatih asal Korea Selatan itu menerima pemotongan gaji sebesar 50 persen sebagai imbas pandemi virus corona, awal Juni.

7. Shin Tae Yong Kritik PSSI di Media Korsel

Belum lama ini Shin Tae Yong secara terbuka berbicara kepada media Korea Selatan tentang PSSI dan Timnas Indonesia. Sejumlah poin yang dibicarakan adalah soal PSSI yang memberikan banyak kesempatan bagi pelatih lokal, dikutip dari News.Joins.

Tidak hanya itu, tanpa menyebut nama, Shin Tae Yong juga menyoroti sikap seorang staf pelatih yang tidak bertegur sapa dengannya setelah selesai latihan di Thailand. Shin Tae Yong menyebut pelatih itu meninggalkan posisinya dua bulan kemudian dan menjadi direktur teknik.

8. Indra Sjafri Bantah Shin Tae Yong

Pada Sabtu (20/6), melalui situs resmi PSSI Indra Sjafri membantah tudingan Shin Tae Yong di media Korea Selatan tersebut. Indra mengaku mendukung Shin Tae Yong di PSSI. Tetapi, Indra juga menyebut Shin Tae Yong banyak berbohong.

"Kita harus tegaskan bagaimana duduk perkara sebenarnya. Agar publik tahu lengkap dan tidak sepotong-potong. Ini juga soal harga diri bangsa kita diperlakukan seperti ini," kata Indra.

CNN Indonesia

Editor : Anggi

Berita Terkait