Ini 5 Klaster Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak

Katakabar.com - Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, menyebut ada lima klaster yang menyumbang kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia. Pemukiman padat penduduk ada di posisi pertama.

"Misalnya klaster di DKI Jakarta, Jawa Timur juga sama bahwa klaster tertinggi berasal dari pemukiman atau local transmission," ujarnya dalam Talk Show Telaah Pergeseran Pemetaan Zonasi Risiko Covid-19, Senin (3/8).

Pada klaster pemukiman ini, penularan terjadi mulai dari keluarga. Kemudian menularkan kepada orang lain di tempat perbelanjaan atau kegiatan sosial.

"Artinya, ada seseorang yang positif kemudian mungkin yang dia tulari keluarganya, keluarganya mungkin sudah keburu belanja ke warung, ikut arisan misalnya. Akhirnya menulari ke orang lain di wilayah yang sama," jelasnya.

Setelah pemukiman, ada klaster pasar dan tempat pelelangan ikan. Dewi menyebut, klaster ini menyumbang kasus positif Covid-19 cukup banyak di tanah air. Namun, dia tak merinci jumlah kontribusi kasusnya.

Klaster ketiga adalah fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Di fasilitas pelayanan kesehatan, penularan terjadi saat pasien datang dengan keluhan gejala Covid-19 bertemu dengan tenaga kesehatan.

"Keempat klaster perkantoran, ini salah satu yang menyumbang angka kasus," ucap dia.

Klaster terakhir rumah ibadah. Dewi mengimbau masyarakat untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan saat mendatangi rumah ibadah atau kegiatan keagamaan lain seperti pengajian dan tahlilan.

Selain lima klaster tersebut, ada beberapa klaster yang menambah kasus positif Covid-19 di Indonesia. Yakni panti asuhan, apartemen, kos-kosan, pesantren, komunitas olahraga, tempat wisata, tempat hiburan, pernikahan dan transportasi umum.

 

Merdeka.com

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait