Ini Alasan KPU Gelar Debat Pilbup Siak di Pekanbaru

Siak, katakabar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak akan menyelenggarakan debat publik Pilkada Siak pada 30 November 2020. Debat hanya dilakukan satu kali dan digelar di luar daerah yakni di Kota Pekanbaru, Riau.

Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal mengatakan, pemilihan lokasi debat di salah satu hotel di Kota Pekanbaru hasil kesepakatan dengan Liaison Officer (LO) masing- masing Paslon.

"Prinsipnya, untuk menjaga, meminimalisir adanya kerumunan massa. Maka itu digelar di luar daerah Siak," kata Rizal dihubungi katakabar.com, Minggu (22/11).

Rizal mengatakan, KPU juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait lokasi debat publik. Hasilnya, sama dengan kesepakatan dengan Liaison Officer (LO) masing-masing Paslon dilakukan di luar daerah (Pekanbaru).

"Pertimbangan kita, jika dilakukan di Siak, akan banyak massa yang datang. Maka itu lebih baik digelar di luar Siak," kata dia.

Rizal menguraikan, yang bisa Hadir di lokasi debat nantinya juga dibatasi. Masing-masing Paslon hanya boleh membawa 4 orang timnya. Lalu, 2 perwakilan Bawaslu Siak, 2 dari KPU Provinsi Riau, fanelis dan 5 orang komisioner KPU Siak.

"Sebetulnya, Porkopimda juga kita undang. Tapi mereka menyaksikan debat ini ruangan lain melalui layar televisi yang disediakan," kata Rizal.

"Debat akan disiarkan di TVRI dan live streaming diseluruh media sosial TVRI dan KPU Siak. Jadi masyarakat dan pendukung ketiga Paslon bisa menyaksikannya juga," tambah Rizal.

Editor : Sahril

Berita Terkait