Ini Partisipasi Basarnas Untuk Sukseskan PON ke XX 2021 di Papua

Jakarta, katakabar.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) turut berpartisipasi pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua, sesuai jadwal bakal berlangsung dari 19 September hingga 15 Oktober 2021 nanti.

Partisipasi Basarnas tersebut dengan mengirimkan satu unit helikopter Dauphin AS 365 N3+ Helly Rescue (HR)- 3605.

"Helikopter ini disiagakan untuk keperluan evakuasi udara kepada atlet, wasit, offisial, maupun penonton yang mengalami cidera dan membutuhkan evakuasi cepat," kata Direktur Kesiapsiagaan, Agus Haryono.

Dijelaskan, fokus siaga khusus Basarnas cabang olahraga yang berisiko tinggi seperti olahraga kedirgantaraan dan olahraga air di Bukit Siklop Sentani dan Teluk Yetefa, Jayapura.

Home base helikopter Basarnas di Lanud Silas Papare, Jayapura. Helikopter tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI AU dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta menuju Jayapura.

"Semua ini untuk sukseskan gelaran PON XX. Kami bekerja sama dengan TNI, Polri, PB PON XX, Pemerintah Daerah Papua, serta seluruh stakeholder terkait," ujarnya.

Sekedar diketahui, tidak cuma helikopter, Basarnas kerahkan kapal Rescue Boat (RB) 222 Kantor SAR Jayapura, beserta tim rescuer, tim medis beserta ambulance bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan rumah sakit rujukan guna mempercepat proses evakuasi. 

Editor : Sahdan

Berita Terkait