'Intel' Bantuan di Siak Bernama Mata Bansos

Siak, katakabar.com - Mulai saat ini, bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan ke Kabupaten Siak bakal dipantau terus oleh yang namanya 'Mata Bansos'. 

Aplikasi ini dibikin hasil kolaborasi antara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Pemprov Riau. Aplikasi ini bakal memantau terus data bantuan yang disalurkan baik dari Pemprov maupun pusat untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Melalui aplikasi ini BPKP akan mendampingi pemerintah daerah menyelesaikan permasalahan pendataan Bansos yang kerap terjadi," ucap Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, Sabtu (6/6).

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak, Rubiati mengatakan, fungsi utama aplikasi ini dibikin untuk memonitor perkembangan bantuan sosial ke masyarakat. 

Tidak hanya itu, kata Rubiati, melalui aplikasi tadi pihaknya juga bisa menengok anggaran sosial yang berasal dari Pemprov secara real time. Terus, bisa juga memverifikasi seluruh data penerima manfaat dan meng-update seluruh data penerima manfaat.

"Tentu kita bersyukur dengan adanya aplikasi ini. Sebab mempermudah kita untuk melihat perkembangan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat. Walau begitu, data yang kita berikan juga harus sinkron dan terintegrasi, agar data penerima bantuan tidak tumpang tindih," kata Rubiati menjawab katakabar.com.

Editor : Sahril

Berita Terkait