Intensitas Hujan Tinggi, Puluhan Makam Amblas di Pangkalan Kerinci

Pelalawan, katakabar.com - Puluhan makam amblas di Tempat Pemakaman Umum (TPU) persisnya di belakang makam Pahlawan di Pangkalan Kerinci disebabkan tergerus air hujan intensitas tinggi beberapa belakangan ini.

Total sekitar 50 makam yang amblas dengan kedalaman bervariasi, yakni mulai dari 30 hingga 50 centimeter. Bahkan, ada makam yang amblas hingga kayu nisan tenggelam masuk ke dalam tanah.

"Puluhan makam yang amblas setelah diguyur hujan lebat tadi malam, meliputi makam anak-anak hingga makam orang dewasa.Termasuk makam ibu saya," ujar Atan, warga Jalan Terusan Kelurahan Kerinci Barat kepada katakabar.com saat  di lokasi pemakaman, pada Rabu (27/10) sore.

Kata Atan, dirinya mengetahui makam ibunya amblas siang tadi. Almarhumah ibunya meninggal dunia dua tahun lalu lantaran penyakit kronis dan dimakamkan di TPU Pangkalan Kerinci.

"Saya setiap hari selepas pulang dagang, pasti mampir ke makam ibu. Saya terkejut pas ziarah siang tadi, dan melihat makam ibu sudah amblas selepas diguyur hujan lebat tadi malam. Makam ibu langsung diperbaiki bersama kelurga Saya," ceritanya.

Petugas makam, Marhan menjelaskan, total 50 makam yang amblas disebabkan diguyur hujan deras. Makam-makam yang amblas di lahan TPU seluas sekitar dua hektar, rata-rata umurnya dari 4 bulan hingga 5 tahun disebabkan tanah makam tidak dipadatkan sehingga tanah turun saat hujan deras turun.

"Mayoritas tanah dipemakaman ini banyak campur pasir. Saat tanah tidak dipadatkan, begitu hujan deras turun banyak yang amblas. Belum lagi papan penyangga makam ini banyak yang lunak, sehingga tidak mampu menampung beban tanah yang basah lantaran air dan patah hingga amblas," bebernya seraya cuma 16 tempat lagi tersisa di pemakaman yang telah menyempit dan padat tersebut.

Kita sudah meminta ahli waris atau keluarga melakukan perbaikan agar kerusakan makam tidak semakin parah. Apalagi kondisi curah hujan dengan intensitas tinggi saat ini masih dimungkinkan terjadi.

"Alhamdulillah, cukup banyak warga yang datang untuk memperbaiki makam keluarganya. Tapi, ada yang tak sempat datang, sehingga meminta saya untuk memperbaiki kuburan keluarga mereka yang amblas. Meski ada beberapa makam yang hingga saat ini belum diperbaiki lantaran tidak diketahui pihak keluarga,"


Untuk itu, kita berharap agar warga yang memiliki keluarga yang dimakamkan di TPU Pangkalan Kerinci, dapat segera melakukan pengecekan dan memperbaiki makam yang telah amblas, harap pensiunan ASN Satpol PP Pelalawan ini.

Editor : Sahdan

Berita Terkait