Jaga Kampung, Wujudkan Ketahanan Pangan Dari Tembilahan

Tembilahan, katakabar.com - Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terlihat begitu kompak saat meluncurkan program Kampung Tangguh yang disiarkan secara virtual ke seluruh pelosok negeri.

Di Riau, program serupa di adopsi dengan nama Gerakan Jaga Kampung. Polda Riau dan 12 Satuan Wilayah di Bumi Lancang Kuning meluncurkan program serupa, serentak dan bersama-sama pada Kamis kemarin.

Tak terkecuali di Indragiri Hilir, Riau. Kepolisian Resor Indragiri Hilir bersama TNI Kodim Indragiri Hilir dan pemerintah setempat semangat meluncurkan program itu Gerakan Jaga Kampung.

Bupati Inhil HM Wardan gerakan itu merupakan wujud upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid 19 dan membangun ketahanan pangan masyarakat. Sebab, virus itu banyak berdampak negatif yang dialami sebagian besar masyarakat, termasuk melemahkan perekonomian. 

"Terima kasih kami ucapkan kepada Polda Riau dan Polres Inhil yang telah membuat program ini," kata Bupati Inhil HM Wardan, saat meresmikan Kampung Tangguh Nusantara, di Kelurahan Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (9/7).

Selain di tempat tersebut, Bupati juga meresmikan Gerakan Jaga Kampung di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas. Dia berharap gerakan itu bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan

"Kampung Tangguh di Kecamatan Tembilahan Hulu dan Kecamatan Kempas ini dapat menjadi contoh desa-desa lain sehingga semua desa di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir melakukan hal yang sama baik itu tangguh menjaga kesehatan, pencegahan COVID-19 dan harus tangguh perekonomian masyarakatnya," harap Bupati Wardan. 

Selain sebagai antisipasi penyebaran virus, Kampung Tangguh Nusantara, juga bertujuan mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban terhadap masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif. Oleh sebab itu, Pemkab Inhil akan mendukung penuh kampung tangguh nusantara tersebut. 

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan, mengatakan gerakan ini nantinya bisa menjadi dasar peningkatan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19. 

"Masyarakat harus terus diedukasi bagaimana pancegahan dan bagaimana penanggulangannya. Masyarakat yang terkena virus dan sudah sembuh meskinya jangan sampai dijauhi apalagi didiskriminasi. Justru mereka harus diberikan dukungan," jelas Kapolres

Sementara itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal turut serta dalam kegiatan peluncuran Gerakan Jaga Kampung atau Kampung Tangguh Nusantara dalam rangka "Gerakan Jaga Kampung" bersama Polres Inhil dan unsur Forkopimcam di Perumnas parit 03 kelurahan Tembilahan Barat, kecamatan Tembilahan Hulu.

Kegiatan itu juga diwarnai dengan penebaran benih  ikan secara simbolis dan Launcing Kampung Tangguh Nusantara "Gerakan Jaga Kampung".

Dandim 0314/Inhil yang pada saat memberikan sambutan mengatakan bahwa ketahanan pangan ini dapat diibaratkan sebagai pondasi dari sebuah bangunan yang disebut negara.

"Apabila kita ingin membangun sebuah rumah, maka kita terlebih dahulu bangun pondasinya, dan ketahanan pangan ini merupakan hal yang harus pertama diwujudkan," kata dia.

"Seperti nama dan tujuannya, Jaga Kampung Tangguh Ketahanan Pangan. Untuk menciptakan suatu wilayah negara yang tangguh, maka kita harus tangguh di mulai dari bawah. Di mulai dari lingkup kecil seperti menciptakan Kampung Tangguh, jika semua Kampung Tangguh maka Kecamatan Tangguh akan terbentuk, terus sampai ketingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Negara akan tercipta negara yang tangguh," imbuh Dandim 0314/Inhil saat memberikan sambutan.

Dandim juga menuturkan, dengan upaya memberdayakan potensi masyarakat dalam rangka menjaga stabilitas ketahanan pangan serta mengantisipasi masalah sosial lainnya di tingkat desa dan kelurahan seperti ini sehingga dapat membantu masyarakat.

Editor : Anggi

Berita Terkait