Jawa Timur Kembali Tertinggi Kasus Baru Positif Covid-19

Katakabar.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, pasien positif Virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur mengalami peningkatan. Jumlahnya mencapai 171 kasus per hari.

"Kemudian kita perhatikan betul kenaikan ini kita dapatkan cukup banyak di Provinsi Jawa Timur ini ada 171 kasus, kemudian di Kalimantan Selatan ada 116 kasus, di DKI Jakarta 105. Kemudian Sulawesi Selatan juga meningkat 46, kemudian di Sumatera Utara ada 30 kasus," katanya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (28/5).

Kendati demikian, ada juga provinsi yang tak mengalami kenaikan. Bahkan jumlahnya sama dengan hari sebelumnya.

"Kalau kita perhatikan provinsi yang tidak ada kenaikan sama sekali tidak ada penambahan kasus sama sekali atau tidak ada kasus sama sekali yang kita dapatkan adalah Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur tidak ada kasus sama sekali," ujarnya.

"Sementara dan 3 Provinsi dengan penambahan kasus satu yaitu Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur. Kalau kemudian kita hitung dari hari ke hari maka terlihat bahwa memang hari ini penambahan yang cukup banyak itu adalah Kalimantan Selatan, karena kemarin 73, sekarang jadi 116. Sementara kalau kita lihat Jawa Timur memang saat ini paling tinggi tetapi sebenarnya kenaikan kemarin tuh 199 sekarang menjadi 171, artinya ada penurunan dibanding dengan kemarin," sambungnya.

Menurut Yurianto, ini menjadi perhatian bahwa grafik telah mengalami naik turun dibeberapa daerah.

"Kita memaklumi kondisi ini karena memang dinamika sosial yang berada di provinsi satu dengan yang lain tidak sama," pungkasnya.

Merdeka.com

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait