Jelang New Normal, Siak Nihil Kasus Positif COVID-19

Siak, katakabar.com - Dalam mematangkan persiapan menuju era normal baru atau New Normal, Pemkab Siak tidak terbebani kasus positif COVID-19.

Sebab, tiga santri klaster Magetan, Jawa Timur yang sebelumnya dinyatakan positif Corona telah sembuh dan sudah diperbolehkan pulang.

"Alhamdulillah, di tengah persiapan kita menyusun skema New Normal, semua pasien postif Corona sudah sembuh. Dan PDP di Siak juga nihil," kata Bupati Siak Alfedri kepada katakabar.com, Kamis (4/6).

Sebelumya, ada tiga santri klaster Magetan yang dinyatakan positif Corona dari hasil Swab. Ketiga santri itu, MY (16) warga Suak Lanjut, AMS (18) dari Kecamatan Dayun dan RAN (18) dari Kecamatan Mempura, Siak.

"Artinya fokus kita tinggal mematangkan persiapan New Normal," kata dia.

Ada dua sektor yang menjadi prioritas awal Pemkab Siak saat New Normal nanti. Yakni pendidikan dan ekonomi.

Di pendidikan, kata Alfedri, selain setiap sekolah akan menerapkan jaga jarak dan siswa diwajibkan pakai masker, pihaknya juga tengah mempersiapkan skema masuk sekolah dua shift, pagi dan siang. 

"Kalau untuk mendorong stabilitas ekonomi masyarakat, kita sudah siapkan proposal pemberdayaan ekonomi atau recovery ekonomi ke pusat. Tujuannya, agar UMKM yang ada di Siak, seperti penjahit dan lainnya bisa terbantu saat pelaksanaan New Normal nanti," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait