Jumlah ODP Covid-19 di Siak Meningkat Drastis, Ini Penyebabnya

Siak, katakabar.com - Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau terus merangkak naik ke angka seribuan pada Senin (6/4). Meningkatnya jumlah ODP itu gegara banyaknya santri dari Pulau Jawa balik kampung ke Siak.

"Meningkatnya jumlah ODP hari ini lantaran santri yang mondok di Pulau Jawa balik ke Siak. Ada sekitar tiga ratusan santri yang balik. Selain itu mahasiswa asal Siak yang kuliah di Pulau Jawa juga banyak yang balik," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak, dr Tonny Chandra kepada wartawan, Senin.

Padahal kata Tonny, jumlah ODP pada Sabtu lalu masih di angka 700-an lebih. Kendati jumlah ODP merangkak naik, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Siak berkurang dari yang sebelumnya 4 orang kini tinggal 1 orang lagi, warga Kecamatan Kandis. 

Sementara, yang positif terkena wabah Covid-19 itu hingga kini belum ada di daerah berjuluk 'Negeri Istana' tersebut.

Oleh karena, kata Tonny, pihaknya dalam pekan ini sudah mulai melakukan rapid test.

"40 orang warga Siak yang baru balik dari Malaysia akan rapid test di RSUD Siak dalam waktu dekat ini. Begitu pula dengan 25 orang warga Sabak Auh, yang akan rapid test di Puskesmas daerah itu. Dan yang paling banyak diperkirakan di daerah Kecamatan Sungai Apit," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait