Kabar Terbaru Tentang Homo Sapiens

katakabar.com - Tadinya orang sudah percaya kalau kemunculan Homo Sapiens adalah pada sekitar 200 ribu tahun silam. Tapi setelah data genetik dari sisa kerangka tujuh orang yang hidup berabad-abad lalu di Provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan, kemunculan Homo Sapiens ternyata jauh sebelum itu.

Dari perunutan genom tujuh individu, termasuk satu anak lelaki yang hidup sebagai pemburu-pengumpul di Ballito Bay sekitar 2.000 tahun lalu, para ilmuwan memperkirakan bahwa perpisahan evolusioner antara Homo sapiens dan leluhur kelompok-kelompok manusia terjadi pada 260.000 sampai 350.000 tahun lalu. Bukan pada 200 ribu tahun silam.

Fakta ini ditambah lagi dengan temuan di Maroko yang dilaporkan pada Juni lalu, bahwa temuan tengkorak, gigi dan tulang tukai itu adalah Homo Sapiens yang berusia sekitar 300 ribu tahun lalu.

"Umur fosil yang 300 ribu tahun itu masuk dalam estimasi baru kami soal kemunculan Homo sapiens. Mereka menunjukkan kombinasi fitur modern dan kuno, yang bisa mengindikasikan fase transisi dalam evolusi kita," kata Marlize Lombard, salah satu pemimpin studi yang juga profesor arkeologi Zaman Batu dari University of Johannesburg.

Para ilmuwan juga menyimpulkan bahwa sebagian tengkorak berusia 260.000 tahun dari Florisbad, Afrika Selatan, juga mewakili Homo Sapiens. Itulah kemudian yang membikin kesepahaman para ilmuwan bahwa Homo sapiens berasal dari Afrika. 

Editor : Aziz

Berita Terkait