HGN 2020 di Kepulauan Meranti

Kamsol: Guru Mesti Berperan Aktif Gerakan Potensi Lingkungan Sekitar

Meranti, katakabar.com - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Kamsol didampingi Pelaksana Tugas Kadis Pendidikan Meranti, Syamsuddin, turut memperingati Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020, di Aula Afifa, Selatpanjang, kemarin.

Namanya Hari Guru Nasional diperingati setiap tahun, tidak cuma dua pejabat tersebut yang hadir, Ketua DPRD Meranti, Jack Ardiansyah, Ketua PGRI Cabang Meranti, Mahmuddin, Ketua PGRI Kecamatan Sekabupaten Kepulauan Meranti, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan Meranti, Koordinator Pengawas Meranti, dan Kepala Sekolah serta lainnya ada di sana.

Terima kasih kepada guru-guru di Kepulauan Meranti yang masih bersemangat mengajar di tengah Pandemi Covid 19, ujar Sekdakab Kepulauan Meranti, Kamsol awali sambutannya.

Pada HGN ini, sangat layak diberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh guru. Lantaran para guru kunci masa depan anak-anak bangsa, menjadi orang pertama yang membentuk dan mengubah perilaku seorang anak dengan mendidik sikap serta etika.

"Sikap dan etika anak bisa terbentuk dari cara guru mengajar anak-anak. Saya yakini dengan keseriusan dan kepedulian guru dalam mendidik anak bangsa, Kepulauan Meranti bisa maju dan jaya," kata Sekdakab Kepulauan Meranti optimis.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini mengingatkan kepada para guru di Kepulauan Meranti, jangan terpaku dengan peningkatan prestasi belajar anak-anak semata, sebab hakekatnya dan tujuan pendidikan yang sesungguhnya untuk merubah perilaku dari yang tidak baik menjadi baik.

Kita saat ini masih berada di tengah pandemi Covid 19. Ini berdampak kepada semua sektor bukan saja kesehatan, tapi pendidikan, ekonomi mau pun aktivitas masyarakat.

Paling parah dampaknya, tekanan ekonomi. Soalnya banyak masyarakat yang terpaksa berhenti bekerja disebabkan pendapatan di sektor swasta semakin melemah. 

Untuk memulihkan keadaan, sangat diperlukan peran guru dengan keilmuan yang dimiliki untuk menggerakan potensi lingkungan sekitar, seperti  mengajak masyarakat untuk bercocok tanam, membuat kerajinan rumah tangga dan membuka peluang usaha lainnya. 

"Untuk menggerakan masyarakat paling mudah dilakukan oleh guru, sebab guru bisa membaca dan memiliki ilmu," jelasnya.

Masih Kamsol, selain memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam upaya mendorong ketahanan ekonomi keluarga sekaligus untuk memberikan contoh kepada peserta didik dalam meningkatkan atitude.

"Ayo bangkitkan kembali semangat berusaha, ini bakal menjadi contoh yang baik kepada peserta didik dalam meningkatkan atitude," ajaknya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait